Sabtu, 08 Februari 2014

BISNIS PLAN KEWIRAUSAHAAN



DAFTAR ISI

                                                                                                                                   Halaman
  1. RINGKASAN EKSEKUTIF ..............................................................................  
1.1  Usaha.................................................................................................................
1.2  Misi Usaha.........................................................................................................
1.3  Produk/Jasa .......................................................................................................
1.4  Persaingan .........................................................................................................
1.5  Target dan ukuran pasar ...................................................................................
1.6  Keuangan ..........................................................................................................
1.7  Jumlah dan penggunaan modal ........................................................................

  1. GAMBARAN USAHA.........................................................................................
2.1  Gambaran sekilas tentang produk/jasa .............................................................
2.2  Perkembangan sampai saat ini ..........................................................................
2.3  Status hukum dan kepemilikan .........................................................................

  1. ANALISIS SITUASI ...........................................................................................
3.1  Trend dan pertumbuhan industri ......................................................................
3.2  Lingkungan persaingan .....................................................................................
3.3  Peluang usaha jangka panjang ..........................................................................

  1. TARGET PASAR ................................................................................................
4.1  Gambaran pasar.................................................................................................
4.2  Ukuran dan tren pasar.......................................................................................
4.3  Target pelanggan...............................................................................................
4.4  Kesiapan pasar...................................................................................................
4.5  Peluang strategi.................................................................................................

  1. PESAING DAN KONDISI PERSAINGAN......................................................
5.1  Pesaing: lokal dan lainnya ................................................................................
5.2  Distribusi pangsa pasar .....................................................................................
5.3  Kelebihan dibandingkan pesaing ......................................................................
5.4  Posisi dalam persaingan ....................................................................................

  1. PROYEKSI KEUANGAN (FINANCE MANAGEMENT)............................
6.1  Asumsi yang digunakan....................................................................................
6.2  Sumber modal dan penggunaan........................................................................
6.3  Proyeksi pendapatan..........................................................................................
6.4  Proyeksi aliran kas.............................................................................................

  1. LAMPIRAN .........................................................................................................
Kontrak ...................................................................................................................
Rekomendasi ..........................................................................................................
Foto-foto ................................................................................................................
Rincian Keuangan ..................................................................................................
Resume ...................................................................................................................





                                                                               







1.      RINGKASAN EKSEKUTIF
1.1  Usaha
Sejak dulu jamur merupakan bahan makanan yang banyak digemari oleh kalangan bawah sampai atas. Banyak jenis jamur yang ada, hanya beberapa jamur yang dapat diolah. Salah satunya adalah jamur tiram. Selain kandungan gizinya yang tinggi dengan berbagai macam asam amino esensial yang terkandung di dalamnya, jamur tiram juga mengandung senyawa-senyawa lainnya yang penting bagi aspek medis. Jamur merupakan bahan yang bisa dimasak untuk campuran masakan dan dikenal di negara Jepang, tetapi saat ini jamur tidak hanya diolah menjadi masakan namun juga menjadi makanan pendamping nasi atau camilan favorit yaitu kripik jamur.
Usaha krirpik jamur sudah banyak di kota-kota besar di Indonesia, namun ada satu kelemahan yaitu ketahanan pada kripik jamur yang hanya tahan beberapa minggu saja, pada usaha yang didirikan yaitu produk yang dihasilkan adalah krupuk jamur mentah dengan disertai bumbu, yang diolah secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa. Usaha yang didirikan dapat menjadi sebuah terobosan baru untuk membuat camilan sehat dan juga bisa sebagai pelengkap saat makan yang bisa dimasak kapan saja. Krupuk yang dibuat tetap memprioritaskan dengan khas Indonesia, dengan memperhatikan keinginan konsumen yang memilliki sifat bosan terhadap makanan dengan membuat variasi baru seperti krupuk dengan rasa balado dan rendang serta juga adanya tepung siap saji didalam kemasan. Dengan didirikannya usaha krupuk jamur akan mengurangi kelemahan seperti pada kripik jamur. 
1.2  Visi dan Misi Usaha
Visi
Menjadi perusahaan olahan jmaur yang bisa mengutamakan cita rasa khas dari Indonesia.
Misi
a)      Menjadi perusahaan olahan jamur yang menyehatkan dan sesuai peraturan pemerintah
b)      Memasarkan olahan jamur dipasar Indonesia dan Asia dengan cita rasa khas Indonesia.
1.3    Produk yang dihasilkan
Produk yang dihasilkan adalah krupuk dari bahan jamur tiram, berikut adalah bahan serta pengolahannya.
Bahan:
1. Tepung kanji 1 kg
2. Jamur 2 ons
3. Garam secukupnya
4. Bawang Merah 5 butir
Proses Pengolahan:
1. Jamur dicuci hingga bersih.
2. Kukus atau rebus hingga matang.
3. Haluskan dengan gilingan daging atau ditumbuk.
4. Campur tepung tapioka dengan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan jamur yang telah dihaluskan, telur bebek, gula dan garam, aduk dan uleni hingga kalis.
5. Masukkan adonan ke dalam plastik atau daun dengan diameter 2 cm dan ikat dengan tali/benang.
6. Kukus adonan hingga matang, angkat dan dinginkan.
7. Iris tipis dan jemur hingga kering dengan menggunakan sinar matahari/mesin pengering.
8. Kerupuk jamur tiram kering siap dikemas dan dijual mentah. Atau bisa juga digoreng dan dikemas kemudian dijual dalam bentuk matang.
1.4  Persaingan
Persaingan  usaha masih tergolong kecil, karena usaha olahan jamur banyak terdapat di rumah makan untuk masakan, untuk camilan yaitu kripik jamur. Namun untuk krupuk jamur mentah belum banyak.
1.5  Target dan ukuran pasar
Pemasaran pada usaha krupuk jamur ditargetkan satu bulan bisa memproduksi 200 kg krupuk yang dipasarkan dikios-kios dipasar dan di pedagang kaki lima.untuk ukuran pasar adalah sebagai berikut:
Sektor swasta                            45%
Pengusaha rumah makan           15%
Distributor                                 15%
Retailer                                      15%
Pemerintah                                10%
2.    GAMBARAN USAHA
2.1  Gambaran sekilas tentang produk
Produk yang dihasilkan berupa krupuk jamur tiram mentah dengan bumbu yang diberi nama krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa). Krupuk jamur yang dibuat merupakan mentah yang siap digoreng dan disajikan pada saat makan atau untuk camilan yang dikemas dengan bumbu ciri khas rasa Indonesia seperti bumbu balado, rendang, pedas dan lain-lainnya yang nnatinya bisa dikembangkan sesuai selera konsumen dipasaran.
2.2  Perkembangan saat ini
Olahan dari bahan jamur banyak variasi. Jamur dapat diolah menjadi berbagai makanan olahan jamur, antara lain: Jamur krispy, Omelet jamur, mie ayam jamur, pepes jamur, sate jamur, Kimlo, Sup Jamur, Capcay jamur, Spaghetti jamur, bakso jamur, soun kuah jamur, dan jamur cah ayam. Jamur bisa diawetkan dengan cara pengalengan, di keringkan atau dibekukan, namun untuk krupuk jamur mentah pada saat ini masih sedikit usaha yang didirikan. Usaha krupuk jamur mentah bisa menjadi alternatif untuk membuka usaha dan membuka lapangan kerja.
2.3  Status hukum dan kepemilikan
Data Perusahaan
Nama Perusahaan
: krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa)
Pemilik
: Muhammad Ikbal Widarto
Status Hukum
:
Bidang Usaha
: Kuliner
Jenis Produk
: Makanan
Telepon
: 085648658976
Email
Rencana Berdiri
: di Surabaya

Director

Dept. Production Planning
Dept. Marketing
Dept. Quality Control
Dept. Finance & Accounting

Stuktur Organisasi





3.      ANALISIS SITUASI
3.1  Trend dan pertumbuhan industri
Pada umumnya, jamur tiram merupakan bahan makanan yang diolah dan biasanya dinikmati serta digemari oleh masyarakat Indonesia sehingga semakin banyak variasi olahan jamur tiram, maka semakin naik pula tingkat kepuasan konsumen. Dari hal tersebut akan menimbulkan perubahan dari beberapa aspek yaitu aspek ekonomi dan sosial pada aspek ekonomi, masyarakat Indonesia dapat menikmati makanan dengan ditambah krupuk sebagai pelengkap, krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) dapat menjadi salah satu pelengkap yang menyehatkan disaat makan atau bisa di makan pada saat kumpul bersama keluarga yang bisa menjadi camilan yang menyehatkan. krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) berbeda dengan krupuk lain karena krupuk yang dibuat dengan disertai variansi rasa bumbu sesuai selera.
3.2  Lingkungan persaingan
Usaha krupuk jamur belum banyak ada di Indonesia. Persaingan usaha krupuk jamur dapat menjadi usaha yang bisa dirintis karena usaha olahan jamur kebanyakan di jadikan olahan masakan di rumah makan. Faktor yang mempengaruhi usaha yang didirikan yaitu terdapat pada bahan jamur yang dibutuhkan secara musiman. Legalitas produk menurut pemerintah tergolong dalam makanan yang halal karena jamur merupakan bahan yang baik bagi tubuh.
3.3  Peluang usaha jangka panjang
Usaha krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) yang dibuat mempunyai peluang usaha yang cukup baik ke depannya, karena jamur tiram dapat dijadikan olahan kuliner yang menyehatkan bagi kesahatan tubuh. Dengan adanya variansi rasa sesuai dengan analisis dari pemasaran, krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) selain dapat dipasarkan di Indonesia dapat dipasarkan di Asia, karena krupuk jamur dapat tahan lama bila dikemas dengan baik. Untuk kedepannya yang dilakukan dengan mengembangkan jamur menjadi olahan yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu usaha untuk memperkenalkan masakan jamur yang siap saji dengan ciri khas rasa Indonesia yang dikemas praktis dikaleng seperti gudeng jamur, omelet jamur, mie ayam jamur, pepes jamur, Sup Jamur, Capcay jamur, Spaghetti jamur, bakso jamur, soun kuah jamur, dan jamur cah ayam. Selain dipasarkan di Indonesia, olahan jamur dapat dipasrkan di Asia
4.      TARGET PASAR
4.1  Gambaran pasar
Gambaran pada sektor pasar yaitu dengan memberikan contoh/ sample krupuk mentah maupun  matang yang akan di pasarkan kepada calon pelanggan hal ini mengakibatkan naiknya jumlah pesanan produksi.
4.2  Ukuran dan tren pasar
Dipasaran krupuk sangat digemari karena sebagai pelengkap pada saat makan. Pemasaran produk krupuk jamur sebagai berikut:
Sektor swasta                            45%
Pengusaha rumah makan           15%
Distributor                                 15%
Retailer                                      15%
Pemerintah                                10%
4.3  Target pelanggan
Pelanggan merupakan hal yang mutlak bagi pengusaha sebagai salah satu relasi. Dalam usaha krupuk jamur, mentargetkan pelanggan yang ada pada setiap minggu bertambah. Dengan memasarkan pada pengusaha rumah makan maupun warung makan. Di Surabaya, pengusaha warung makan dan rumah makan sangat banyak, hal inilah yang bisa ditargetkan untuk dijadikan relasi dan promosi krupuk jamur. Selain pada pengusaha warung makan maupun rumah makan, langsung mendatangi konsumen dipasar dan kios-kios.
4.4  Kesiapan pasar
Pada saat ini, dipasaran belum banyak ditemukan krupuk jamur mentah. Para pengusaha yang sudah menjalani usaha krupuk jamur, kebanyakan masih order lewat online di internet maupun lewat media cetak atau elektronik. Salah satu keuntungan yaitu dengan mendatangi langsung kepada calon konsumen, dikios dipasar maupun dengan  mendatangi para calon pembeli dipasar.
4.5  Peluang strategi
Strategi pada peluang yaitu dengan cara membuat krupuk yang lain yang sejenis. Krupuk yang dihasilkan harus berbeda dengan variasi rasa ciri khas Indonesia, seperti diberi bumbu rasa balado, rendang, pedas dan lainnya. Pemasaran yang dilakukan dengan mendatangi dan memberikan contoh sample pada konsumen dipasar-pasar, tempat kios-kios dan mengikutkan pameran makanan yang diadakan pihak pemerintah maupun swasta. Dengan memasarkan pada pengusaha rumah makan maupun warung makan. Di Surabaya, pengusaha warung makan dan rumah makan sangat banyak, hal inilah yang bisa ditargetkan untuk dijadikan relasi dan promosi krupuk jamur. Selain pada pengusaha warung makan maupun rumah makan, langsung mendatangi konsumen dipasar dan kios-kios serta mempromosikan dengan menyebarkan brosur, pamflet serta majalah dan koran. Sealain itu, menjalin realasi dengan pengusaha warung atau rumah makan yang ada, dengan menambahkan krupuk jamur sebagai pelengkapnya. Untuk kedepannya strategi yang dilakukan dengan mengembangkan jamur menjadi olahan yang siap saji dengan ciri khas rasa Indonesia yang dikemas praktis dikaleng seperti yang sudah dijelaskan di 3.3 peluang usaha jangka panjang. Selain dipasarkan di Indonesia, olahan jamur dapat dipasrkan di Asia, mengingat pasar Asia sangat mendukung dan jamur merupakan suatu makanan yang sudah familiar di Dunia.
5.      PESAING DAN KONDISI PERSAINGAN
5.1  Pesaing: lokal dan lainnya
Pengusaha krupuk jamur mentah saat ini belum banyak. Pesaing untuk usaha krupuk jamur masih sedikit. Dengan hal demikian usaha krupuk jamur bisa dijadikan alternatif untuk membuka usaha, yang pada jangka panjang bisa di kembangkan dengan makanan dan variasi yang lain seperti yang sudah dijelaskan pada 3.3 peluang usaha jangka panjang.
5.2  Distribusi pangsa pasar
Distribusi untuk krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa), yaitu dari kalangan bawah sampai menengah di Indonesia. Distribusinya ke kios-kios di pasar tradisional, minimarket dan supermarket dan dan pedagang kaki lima di tempat umum serta rumah makan. Selain itu, ditribusinya ke pasar Asia seperti Malaysia, Hongkong, Jepang, dan Vietnam.
5.3  Kelebihan dibandingkan pesaing
Krupuk “Jarum” (Jamur Tiram) yang dibuat mempunyai keunggulan mempunyai variansi rasa dengan macam bumbu sesuai selera konsumen. Selain itu mempunyai ketahanan dari krupuk yang lama bila dismpan dengan baik serta diolah secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa yang bisa dikonsumsi setiap waktu.

5.4  Posisi dalam persaingan
Usaha krupuk ajamur yang didirikan mempunyai peluang yang baik. Usaha krupuk jamur belum banyak ada, sehingga usaha krupuk jamur dalam persaingan masih relatif.
5.5  Rencana dan Strategi Pemasaran
Cara/metode pemasaran Untuk memperkenalkan krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa), metode pemasaran dengan media sebagai berikut:
a.       Media elektronik    : radio
b.      Media Online          : blog, twitter, forum di internet dan facebook
c.       Media massa           : koran dan majalah
d.      Pamflet, spanduk dan brosur
e.       Mengikuti pameran makanan
f.       Program Member krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa)
g.      Delivery Order, diatas jumlah pembelian yang telah ditentukan.
6.      PROYEKSI KEUANGAN (FINANCE MANAGEMENT)
6.1  Asumsi yang digunakan

6.2  Sumber modal dan penggunaan
Jumlah modal serta penggunaan pada usaha krupuk jamur yang didirikan adalah sebagai berikut:
PENERIMAAN

Penerimaan Modal
10.000.000
Sub Total Penerimaan
10.000.000
PENGELUARAN

Pembelian Asset (Investasi)
300.000
Pembelian Bahan Baku
500.000
Pembelian Bahan Pembantu
0
Upah Buruh Produksi
500.000
Transport (Pengiriman Produk)
100.000
Biaya Produksi Lain-Lain
200.000
Gaji Pimpinan
600.000
Biaya Pemeliharaan
50.000
Biaya Pemasaran
500.000
Alat Tulis Kantor
50.000
Listrik, Air, Telepon
100.000
Biaya Administrasi Lain-Lain
50.000
Sub Total Pengeluaran

SELISIH KAS
0
SALDO KAS AWAL
0
SALDO KAS AKHIR
0

6.3  Proyeksi pendapatan

6.4  Proyeksi aliran kas




4.      LAMPIRAN
Kontrak
Rekomendasi
Foto-foto



Rincian Keuangan

LAPORAN KEUANGAN







7.2       RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI

1) sesuai dengan Bab 4.4 Rencana Pengembangan Produksi lihat tabel Rencana Penambahan Fasilitas dan Mesin Produksi
2) sesuai dengan Bab 7.3 Tahapan Pengembangan Teknologi Informasi lihat tabel Rencana Penambahan Peralatan dan Sistem Informasi



KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal bulan pertama.

Resume




  Executive Summary
  Table of Content
  Business Description
  Market Analysis
  Competition
  Business Location
  Management
  Current Financial Records
  Explanation of Plan for Growth
  Projected Profit & Loss (Operating Figure)
  Explanation of Financing for Growth
  Summary of Business & Outlook for the Future
  Listing of Business
  Personal Reference

5 komentar:

  1. makasih infonya sangat membantu lagi buat tugas nie ^^D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak min...
    sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!

    Contact Us :
    + website : legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus
  5. Blog nya keren mantap nih. sukabanget
    kunjungi blog ane juga ya Gan...
    www.mangagendis.blogspot.com

    BalasHapus