DAFTAR ISI
Halaman
- RINGKASAN EKSEKUTIF ..............................................................................
1.1 Usaha.................................................................................................................
1.2 Misi Usaha.........................................................................................................
1.3 Produk/Jasa .......................................................................................................
1.4 Persaingan .........................................................................................................
1.5 Target dan ukuran pasar ...................................................................................
1.6 Keuangan ..........................................................................................................
1.7 Jumlah dan penggunaan modal ........................................................................
- GAMBARAN USAHA.........................................................................................
2.1 Gambaran sekilas tentang
produk/jasa .............................................................
2.2 Perkembangan sampai saat ini
..........................................................................
2.3 Status hukum dan kepemilikan .........................................................................
- ANALISIS SITUASI ...........................................................................................
3.1 Trend dan pertumbuhan
industri ......................................................................
3.2 Lingkungan persaingan .....................................................................................
3.3 Peluang usaha jangka panjang ..........................................................................
- TARGET PASAR ................................................................................................
4.1 Gambaran
pasar.................................................................................................
4.2 Ukuran
dan tren pasar.......................................................................................
4.3 Target
pelanggan...............................................................................................
4.4 Kesiapan
pasar...................................................................................................
4.5 Peluang
strategi.................................................................................................
- PESAING DAN KONDISI PERSAINGAN......................................................
5.1 Pesaing: lokal dan lainnya ................................................................................
5.2 Distribusi pangsa pasar .....................................................................................
5.3 Kelebihan dibandingkan
pesaing ......................................................................
5.4 Posisi dalam persaingan ....................................................................................
- PROYEKSI KEUANGAN (FINANCE MANAGEMENT)............................
6.1 Asumsi
yang digunakan....................................................................................
6.2 Sumber
modal dan penggunaan........................................................................
6.3 Proyeksi
pendapatan..........................................................................................
6.4 Proyeksi
aliran kas.............................................................................................
- LAMPIRAN .........................................................................................................
Kontrak ...................................................................................................................
Rekomendasi ..........................................................................................................
Foto-foto ................................................................................................................
Rincian Keuangan ..................................................................................................
Resume ...................................................................................................................
1.
RINGKASAN
EKSEKUTIF
1.1 Usaha
Sejak dulu jamur merupakan bahan makanan yang banyak
digemari oleh kalangan bawah sampai atas. Banyak jenis jamur yang ada, hanya
beberapa jamur yang dapat diolah. Salah satunya adalah jamur tiram. Selain
kandungan gizinya yang tinggi dengan berbagai macam asam amino esensial yang
terkandung di dalamnya, jamur tiram juga mengandung senyawa-senyawa lainnya
yang penting bagi aspek medis. Jamur
merupakan bahan yang bisa dimasak untuk campuran masakan dan dikenal di negara
Jepang, tetapi saat ini jamur tidak hanya diolah menjadi masakan namun juga
menjadi makanan pendamping nasi atau camilan favorit yaitu kripik jamur.
Usaha krirpik jamur sudah banyak di kota-kota besar di Indonesia, namun
ada satu kelemahan yaitu ketahanan pada kripik jamur yang hanya tahan beberapa
minggu saja, pada usaha yang didirikan yaitu produk yang dihasilkan adalah
krupuk jamur mentah dengan disertai bumbu, yang diolah secara alami tanpa
menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa. Usaha yang didirikan dapat
menjadi sebuah terobosan baru untuk membuat camilan sehat dan juga bisa sebagai
pelengkap saat makan yang bisa dimasak kapan saja. Krupuk yang dibuat tetap
memprioritaskan dengan khas Indonesia, dengan memperhatikan keinginan konsumen
yang memilliki sifat bosan terhadap makanan dengan membuat variasi baru seperti
krupuk dengan rasa balado dan rendang serta juga adanya tepung siap saji
didalam kemasan. Dengan didirikannya usaha krupuk jamur akan mengurangi
kelemahan seperti pada kripik jamur.
1.2 Visi
dan Misi Usaha
Visi
Menjadi
perusahaan olahan jmaur yang bisa mengutamakan cita rasa khas dari Indonesia.
Misi
a) Menjadi
perusahaan olahan jamur yang menyehatkan dan sesuai peraturan pemerintah
b) Memasarkan
olahan jamur dipasar Indonesia dan Asia dengan cita rasa khas Indonesia.
1.3
Produk
yang dihasilkan
Produk yang dihasilkan adalah krupuk dari bahan
jamur tiram, berikut adalah bahan serta pengolahannya.
Bahan:
1. Tepung
kanji 1 kg
2. Jamur 2
ons
3. Garam
secukupnya
4. Bawang Merah 5 butir
Proses Pengolahan:
1. Jamur dicuci
hingga bersih.
2. Kukus atau
rebus hingga matang.
3. Haluskan
dengan gilingan daging atau ditumbuk.
4. Campur tepung
tapioka dengan air sedikit demi sedikit, kemudian masukkan jamur yang telah
dihaluskan, telur bebek, gula dan garam, aduk dan uleni hingga kalis.
5. Masukkan adonan ke dalam plastik atau daun dengan diameter 2 cm dan ikat dengan tali/benang.
5. Masukkan adonan ke dalam plastik atau daun dengan diameter 2 cm dan ikat dengan tali/benang.
6. Kukus adonan
hingga matang, angkat dan dinginkan.
7. Iris tipis
dan jemur hingga kering dengan menggunakan sinar matahari/mesin pengering.
8. Kerupuk jamur
tiram kering siap dikemas dan dijual mentah. Atau bisa juga digoreng dan
dikemas kemudian dijual dalam bentuk matang.
1.4 Persaingan
Persaingan usaha masih tergolong
kecil, karena usaha olahan jamur banyak terdapat di rumah makan untuk masakan,
untuk camilan yaitu kripik jamur. Namun untuk krupuk jamur mentah belum banyak.
1.5 Target dan ukuran pasar
Pemasaran pada usaha krupuk jamur ditargetkan
satu bulan bisa memproduksi 200 kg krupuk yang dipasarkan dikios-kios dipasar
dan di pedagang kaki lima.untuk ukuran pasar adalah sebagai berikut:
Sektor
swasta 45%
Pengusaha
rumah makan 15%
Distributor
15%
Retailer
15%
Pemerintah 10%
2.
GAMBARAN
USAHA
2.1 Gambaran sekilas tentang produk
Produk yang dihasilkan berupa krupuk
jamur tiram mentah dengan bumbu yang
diberi nama krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa). Krupuk jamur
yang dibuat merupakan mentah yang siap digoreng dan disajikan pada saat makan
atau untuk camilan yang dikemas dengan bumbu ciri khas rasa Indonesia seperti
bumbu balado, rendang, pedas dan lain-lainnya yang nnatinya bisa
dikembangkan sesuai selera konsumen dipasaran.
2.2 Perkembangan saat ini
Olahan dari bahan jamur
banyak variasi. Jamur dapat diolah menjadi berbagai makanan olahan jamur,
antara lain: Jamur krispy, Omelet jamur, mie ayam jamur, pepes jamur, sate
jamur, Kimlo, Sup Jamur, Capcay jamur, Spaghetti jamur, bakso jamur, soun kuah
jamur, dan jamur cah ayam. Jamur bisa diawetkan dengan cara pengalengan, di
keringkan atau dibekukan, namun untuk krupuk jamur mentah pada saat ini masih
sedikit usaha yang didirikan. Usaha krupuk jamur mentah bisa menjadi alternatif
untuk membuka usaha dan membuka lapangan kerja.
2.3 Status hukum dan kepemilikan
Data
Perusahaan
Nama
Perusahaan
|
:
krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan
Variansi Rasa)
|
Pemilik
|
:
Muhammad Ikbal Widarto
|
Status
Hukum
|
:
|
Bidang
Usaha
|
:
Kuliner
|
Jenis
Produk
|
:
Makanan
|
Telepon
|
:
085648658976
|
Email
|
|
Rencana
Berdiri
|
:
di Surabaya
|
Director
|
Dept. Production Planning
|
Dept. Marketing
|
Dept. Quality Control
|
Dept. Finance & Accounting
|
3.
ANALISIS
SITUASI
3.1 Trend dan pertumbuhan industri
Pada umumnya, jamur tiram merupakan
bahan makanan yang diolah dan biasanya dinikmati serta digemari oleh masyarakat
Indonesia sehingga semakin banyak variasi olahan jamur tiram, maka semakin naik
pula tingkat kepuasan konsumen. Dari hal tersebut akan menimbulkan perubahan
dari beberapa aspek yaitu aspek ekonomi dan sosial
pada aspek ekonomi, masyarakat Indonesia dapat
menikmati makanan dengan ditambah krupuk sebagai pelengkap, krupuk “Jarum”
(Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) dapat menjadi salah satu pelengkap yang menyehatkan disaat makan atau
bisa di makan pada saat kumpul bersama keluarga yang bisa menjadi camilan yang
menyehatkan. krupuk “Jarum” (Jamur Tiram
Dengan Variansi Rasa) berbeda dengan krupuk lain karena
krupuk yang dibuat dengan disertai variansi rasa bumbu sesuai selera.
3.2 Lingkungan persaingan
Usaha krupuk jamur belum banyak ada di Indonesia. Persaingan usaha krupuk
jamur dapat menjadi usaha yang bisa dirintis karena usaha olahan jamur
kebanyakan di jadikan olahan masakan di rumah makan. Faktor
yang mempengaruhi usaha yang didirikan yaitu terdapat pada bahan jamur yang
dibutuhkan secara musiman. Legalitas produk menurut pemerintah tergolong dalam
makanan yang halal karena jamur merupakan bahan yang baik bagi tubuh.
3.3 Peluang
usaha jangka panjang
Usaha
krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) yang dibuat mempunyai peluang usaha yang cukup baik ke depannya,
karena jamur tiram dapat dijadikan olahan kuliner yang menyehatkan bagi
kesahatan tubuh. Dengan adanya variansi rasa sesuai dengan analisis dari
pemasaran, krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa) selain dapat dipasarkan di Indonesia
dapat dipasarkan di Asia, karena krupuk jamur dapat tahan lama bila dikemas
dengan baik. Untuk kedepannya yang dilakukan dengan mengembangkan jamur menjadi
olahan yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu usaha untuk memperkenalkan
masakan jamur yang siap saji dengan ciri khas rasa Indonesia yang dikemas
praktis dikaleng seperti gudeng jamur, omelet jamur, mie ayam jamur, pepes
jamur, Sup Jamur, Capcay jamur, Spaghetti jamur, bakso jamur, soun kuah jamur, dan
jamur cah ayam. Selain dipasarkan di Indonesia, olahan jamur dapat dipasrkan di
Asia
4.
TARGET
PASAR
4.1 Gambaran pasar
Gambaran pada sektor pasar yaitu dengan memberikan contoh/ sample krupuk
mentah maupun matang yang akan di
pasarkan kepada calon pelanggan hal ini mengakibatkan naiknya jumlah pesanan
produksi.
4.2 Ukuran dan tren pasar
Dipasaran krupuk sangat digemari karena
sebagai pelengkap pada saat makan. Pemasaran produk krupuk jamur sebagai
berikut:
Sektor
swasta 45%
Pengusaha
rumah makan 15%
Distributor
15%
Retailer
15%
Pemerintah 10%
4.3 Target pelanggan
Pelanggan
merupakan hal yang mutlak bagi pengusaha sebagai salah satu relasi. Dalam usaha
krupuk jamur, mentargetkan pelanggan yang ada pada setiap minggu bertambah.
Dengan memasarkan pada pengusaha rumah makan maupun warung makan. Di Surabaya,
pengusaha warung makan dan rumah makan sangat banyak, hal inilah yang bisa
ditargetkan untuk dijadikan relasi dan promosi krupuk jamur. Selain pada
pengusaha warung makan maupun rumah makan, langsung mendatangi konsumen dipasar
dan kios-kios.
4.4 Kesiapan pasar
Pada saat ini,
dipasaran belum banyak ditemukan krupuk jamur mentah. Para pengusaha yang sudah
menjalani usaha krupuk jamur, kebanyakan masih order lewat online di internet
maupun lewat media cetak atau elektronik. Salah satu keuntungan yaitu dengan
mendatangi langsung kepada calon konsumen, dikios dipasar maupun dengan mendatangi para calon pembeli dipasar.
4.5 Peluang strategi
Strategi
pada peluang yaitu dengan cara membuat krupuk yang lain yang sejenis. Krupuk
yang dihasilkan harus berbeda dengan variasi rasa ciri khas Indonesia, seperti
diberi bumbu rasa balado, rendang, pedas dan lainnya. Pemasaran yang dilakukan
dengan mendatangi dan memberikan contoh sample pada konsumen dipasar-pasar,
tempat kios-kios dan mengikutkan pameran makanan yang diadakan pihak pemerintah
maupun swasta. Dengan memasarkan pada pengusaha rumah makan maupun warung
makan. Di Surabaya, pengusaha warung makan dan rumah makan sangat banyak, hal
inilah yang bisa ditargetkan untuk dijadikan relasi dan promosi krupuk jamur.
Selain pada pengusaha warung makan maupun rumah makan, langsung mendatangi
konsumen dipasar dan kios-kios serta mempromosikan dengan menyebarkan brosur,
pamflet serta majalah dan koran. Sealain itu, menjalin realasi dengan pengusaha
warung atau rumah makan yang ada, dengan menambahkan krupuk jamur sebagai
pelengkapnya. Untuk kedepannya strategi yang dilakukan dengan mengembangkan
jamur menjadi olahan yang siap saji dengan ciri khas rasa Indonesia yang
dikemas praktis dikaleng seperti yang sudah dijelaskan di 3.3 peluang usaha
jangka panjang. Selain dipasarkan di Indonesia, olahan jamur dapat dipasrkan di
Asia, mengingat pasar Asia sangat mendukung dan jamur merupakan suatu makanan
yang sudah familiar di Dunia.
5.
PESAING
DAN KONDISI PERSAINGAN
5.1 Pesaing: lokal dan lainnya
Pengusaha
krupuk jamur mentah saat ini belum banyak. Pesaing untuk usaha krupuk jamur
masih sedikit. Dengan hal demikian usaha krupuk jamur bisa dijadikan alternatif
untuk membuka usaha, yang pada jangka panjang bisa di kembangkan dengan makanan
dan variasi yang lain seperti yang sudah dijelaskan pada 3.3 peluang usaha
jangka panjang.
5.2 Distribusi pangsa pasar
Distribusi untuk krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa), yaitu dari kalangan bawah sampai menengah di
Indonesia. Distribusinya ke kios-kios di pasar tradisional, minimarket dan
supermarket dan dan pedagang kaki lima di tempat umum serta rumah makan. Selain
itu, ditribusinya ke pasar Asia seperti Malaysia, Hongkong, Jepang, dan
Vietnam.
5.3 Kelebihan dibandingkan pesaing
Krupuk “Jarum” (Jamur Tiram) yang dibuat mempunyai keunggulan
mempunyai variansi rasa dengan macam bumbu sesuai selera konsumen. Selain itu
mempunyai ketahanan dari krupuk yang lama bila dismpan dengan baik serta diolah
secara alami tanpa menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa yang bisa
dikonsumsi setiap waktu.
5.4 Posisi dalam persaingan
Usaha
krupuk ajamur yang didirikan mempunyai peluang yang baik. Usaha krupuk jamur
belum banyak ada, sehingga usaha krupuk jamur dalam persaingan masih relatif.
5.5 Rencana
dan Strategi Pemasaran
Cara/metode pemasaran Untuk memperkenalkan krupuk “Jarum” (Jamur Tiram
Dengan Variansi Rasa), metode pemasaran dengan media sebagai berikut:
a. Media elektronik :
radio
b. Media Online :
blog, twitter, forum di internet dan facebook
c. Media massa :
koran dan majalah
d. Pamflet, spanduk dan brosur
e. Mengikuti pameran makanan
f. Program Member
krupuk “Jarum” (Jamur Tiram Dengan Variansi Rasa)
g. Delivery
Order, diatas jumlah pembelian yang telah ditentukan.
6.
PROYEKSI
KEUANGAN (FINANCE MANAGEMENT)
6.1 Asumsi yang digunakan
6.2 Sumber modal dan penggunaan
Jumlah modal serta penggunaan pada usaha krupuk jamur yang didirikan
adalah sebagai berikut:
PENERIMAAN
|
|
Penerimaan
Modal
|
10.000.000
|
Sub Total
Penerimaan
|
10.000.000
|
PENGELUARAN
|
|
Pembelian
Asset (Investasi)
|
300.000
|
Pembelian
Bahan Baku
|
500.000
|
Pembelian
Bahan Pembantu
|
0
|
Upah Buruh
Produksi
|
500.000
|
Transport
(Pengiriman Produk)
|
100.000
|
Biaya
Produksi Lain-Lain
|
200.000
|
Gaji
Pimpinan
|
600.000
|
Biaya
Pemeliharaan
|
50.000
|
Biaya
Pemasaran
|
500.000
|
Alat Tulis
Kantor
|
50.000
|
Listrik,
Air, Telepon
|
100.000
|
Biaya
Administrasi Lain-Lain
|
50.000
|
Sub Total
Pengeluaran
|
|
SELISIH KAS
|
0
|
SALDO KAS AWAL
|
0
|
SALDO KAS AKHIR
|
0
|
6.3 Proyeksi pendapatan
6.4 Proyeksi aliran kas
4.
LAMPIRAN
Kontrak
Rekomendasi
Foto-foto
Rincian Keuangan
LAPORAN KEUANGAN
7.2 RENCANA KEBUTUHAN INVESTASI
1) sesuai dengan Bab 4.4 Rencana Pengembangan
Produksi lihat tabel Rencana Penambahan Fasilitas dan Mesin Produksi
2) sesuai dengan Bab 7.3 Tahapan Pengembangan
Teknologi Informasi lihat tabel Rencana Penambahan Peralatan dan Sistem
Informasi
KETERANGAN:
Nilai Penerimaan tahun pertama (2001) sama dengan
jumlah Penerimaan per bulan untuk tahun pertama (2001), begitu pula dengan
nilai pengeluaran. Saldo kas awal tahun pertama (2001) adalah saldo kas awal
bulan pertama.
Resume
Executive Summary
Table of Content
Business Description
Market Analysis
Competition
Business Location
Management
Current Financial Records
Explanation of Plan for Growth
Projected Profit & Loss (Operating Figure)
Explanation of Financing for Growth
Summary of Business & Outlook for the Future
Listing of Business
Personal Reference
makasih infonya sangat membantu lagi buat tugas nie ^^D
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterima kasih banyak min...
BalasHapussangat membantu :)
Inilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
BalasHapusSitus Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan diri anda di Legenda QQ
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ website : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9
Blog nya keren mantap nih. sukabanget
BalasHapuskunjungi blog ane juga ya Gan...
www.mangagendis.blogspot.com