RPP
SMK: Penyearah Gelombang Penuh
Satuan Pendidikan
: SMK
Negeri 5 Surabaya
Program Keahlian :
Teknik
Audio Video
Mata Pelajaran :
Dasar
Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester :
X/1
Jumlah Pertemuan :
1
Pertemuan
I. Standar Kompetensi :
Menerapkan dasar-dasar elektronika
II. Kompetensi Dasar :
2.
Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronika pasif dan aktif
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk:
a. Mendeskripsikan
Rangkaian penyearah gelombang penuh
b. Menulis pengertian
dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c. Memberi contoh
aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2. Keterampilan Proses:
a. Merumuskan hipotesis
b. Mengidentifikasi variabel-variabel
c. Merumuskan definisi operasional variabel
d. Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan
output terhadap nilai tegangan input
e. Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f. Melakukan analisis data
g. Menarik kesimpulan
B.
Psikomotor
1. Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
2. Memasang Multimeter
3. Menjalankan program MULTISIM 10
C. Afektif
1.
Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a) Jujur,
b) Peduli,
c) Tanggung jawab
2.
Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang ide atau pendapat,
c) Menjadi pendengar yang baik,
d) Berkomunikasi,
e) Kerja sama
IV. Tujuan Pembelajaran:
a. Kognitif
1. Produk
a) Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang
penuh, siswa dapat mendeskripsikan skema
rangkaian sesuai kunci jawaban LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
b) Secara mandiri siswa dapat menuliskan pengertian dengan
mengerjakan soal-soal di LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
c) Secara mandiri siswa dapat member contoh aplikasi rangkaian penyearah
gelombang penuh pada alat
elektronika dengan mengerjakan soal-soal di LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
2. Keterampilan
Proses
a) Diperbolehkan membuka
LKS SMK, siswa dapat merumuskan
hipotesis sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
b) Diperbolehkan membuka
LKS SMK, siswa dapat mengidentifikasi
variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
c)
Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat merumuskan definisi operasional variabel
sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
d) Diberikan alat,
bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan
eksperimen untuk menyelidiki
pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input sesuai rubriks yang
ditentukan di LP 2.
e) Diberikan kesempatan
melakukan eksperimen, siswa dapat membuat
tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks
yang ditentukan di LP 2.
f)
Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat melakukan analisis data sesuai dengan
rubriks yang ditentukan di LP 2.
g) Diperbolehkan membuka
LKS SMK, siswa dapat menarik kesimpulan
sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
b. Psikomotor
1.
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat Merakit
rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas
kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
2.
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat memasang
multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang
ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
3.
Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa
dapat Menjalankan
program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan
pada LP 3: Psikomotor.
c. Afektif
1.
Perilaku Berkarakter
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPK, diamati
dengan LP 4 paling tidak siswa dinilai Menunjukkan
kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
2. Terlibat dalam proses
belajar yang menerapkan MPK, diamati dengan LP 5 paling tidak siswa dinilai Menunjukkan kemajuan dalam bertanya,
menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi,
kerja sama.
V. Materi Pembelajaran:
1.
Komponen aktif dan pasif
2.
Rangkaian penyearah Gelombang penuh
VI. Alokasi Waktu
2 x 45 menit
VII.
Model Pembelajaran:
Model Pembelajaran
Kooperatif (MPK)
VIII. Proses Belajar Mengajar
A.
Pendahuluan (± 10
menit)
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Memotivasi siswa dengan menunjukkan dan mendemonstrasikan
KIT Penyearah Gelombang penuh yang sedang aktif sambil bertanya apakah kalian
dapat mengukur berapa besar daya yang digunakan pada rangkaian percobaan
seperti ini? (Fase 1 MPK)
2.
Mengkomunikasikan garis besar indikator produk, proses,
psikomotor, perilaku berkarakter, dan keterampilan sosial yang akan
dipelajari. (Fase 1 MPK)
|
|
|
|
|
B.
Inti (± 70 menit)
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penggalan 1
1. Menyajikan informasi dengan mendeskripsikan rangkaian
penyearah gelombang penuh, menulis pengertian dari rangkaian penyearah
gelombang penuh serta memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang
penuh rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika. (Fase 2 MPK)
2.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif
dan membagikan LKS SMK: Penyearah Gelombang Penuh dan bahan yang dibutuhkan
satu set per kelompok. Per kelompok terdiri dari 4-5 siswa. (Fase 3 MPK)
3.
Membimbing kelompok bekerjasama untuk merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel-variabel, merumuskan
definisi operasional variabel, dengan mengacu pada Kunci LKS SMK. Setiap
siswa ditekankan untuk aktif menyumbang ide dalam tugas ini. (Fase 4 MPK)
4.
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua
kelompok mengkomunikasikan
pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang
ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik. (Fase
5 MPK)
Penggalan 2
5.
Membimbing kelompok bekerjasama untuk melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input, dengan memasang multimeter
dan mengukur tegangan input dan output pada KIT Penyearah Gelombang penuh menggunakan
alat dan bahan yang telah disediakan dan sesuai prosedur yang tertulis di LKS
SMK, setiap kelompok diingatkan untuk aktif bekerjasama, dan jujur dalam melaporkan hasil pengamatan serta
ikut bertanggung
jawab. (Fase 4 MPK)
6.
Membimbing membuat
tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen dengan mengacu pada
Kunci LKS SMK. Tekankan perlunya jujur dalam
melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di dalam tabel. (Fase
4 MPK)
7.
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua
kelompok mengkomunikasikan
pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang
ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik.
(Fase 5 MPK)
8.
Membimbing kelompok bekerjasama melakukan analisis data dan menarik kesimpulan. Siswa diminta
untuk aktif menyumbang ide. (Fase 4 MPK)
9.
Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua
kelompok mengkomunikasikan
pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang
ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik.
(Fase 5 MPK)
10.
Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang
berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase
6 MPK)
|
|
|
|
|
C.
Penutup(± 10 menit)
Kegiatan
|
Penilaian oleh Pengamat
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi PR
mencari tahu apakah pengaruh tegangan input dan tegangan output pada
rangkaian Gelombang penuh.
|
|
|
|
|
IX. Penilaian Hasil Belajar
1.
LP 1: Produk
2.
LP 2: Proses
3.
LP 3: Psikomotor
4.
LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
5.
LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
6.
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian
X. Sumber Belajar
1.
Silabus
2.
LKS SMK TAV : Penyearah Gelombang Penuh
3.
Kunci LKS SMK TAV : Penyearah Gelombang Penuh
4.
Alat dan bahan:
·
Multimeter
·
Dioda 1N4001 4 Buah
·
Resistor 200 kΩ
·
Transformator
·
KIT Penyearah Gelombang Penuh
Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science
Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
_______________. 2000. Inqury Skills Activity Book. Upper
Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
Kurikulum SMK Negeri
5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar
Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Multisim Analog Devices Edition
Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic
Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio
video.
Schulz,
Mitchel E.2007.Grob’s Basic Electronics
Tenth Edition.New York : McGraw-Hill
LKS SMK : Penyearah Gelombang Penuh
Standar Kompetensi : Menerapkan
dasar-dasar elektronika
Kompetensi Dasar : 2. Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronik pasif
dan aktif
Indikator
A.
Kognitif
1.
Produk
a) Mendeskripsikan
Rangkaian penyearah gelombang penuh
b) Menulis pengertian
dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c) Memberi contoh
aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2. Proses
a. Merumuskan hipotesis
b. Mengidentifikasi variabel-variabel
c. Merumuskan definisi operasional variabel
d. Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan
output terhadap nilai tegangan input
e. Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f. Melakukan analisis data
g. Menarik kesimpulan
3.
Psikomotor
a) Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
b) Memasang Multimeter
c) Menjalankan program
MULTISIM 10
B. Afektif
1.
Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a) Jujur,
b) Peduli,
c) Tanggung jawab
2.
Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang ide atau pendapat,
c) Menjadi pendengar yang baik,
d) Berkomunikasi,
e) Kerja sama
Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
1. Produk
a) Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang
penuh, siswa dapat mendeskripsikan skema
rangkaian sesuai kunci jawaban.
b) Diberikan gambar
rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa
dapat Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh sesuai kunci jawaban .
c) Diberikan gambar
rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa
dapat Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada
alat elektronika
2. Proses
a)
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat merumuskan hipotesis
sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
b)
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat mengidentifikasi
variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
c)
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat merumuskan definisi
operasional variabel sesuai dengan rubriks yang.
d)
Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan
output terhadap nilai tegangan input sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan
di Indikator Kognitif Proses.
e)
Diberikan kesempatan melakukan eksperimen, siswa dapat membuat tabel pengamatan dan mencatat
hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
f)
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat melakukan analisis data
sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
g)
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat menarik kesimpulan
sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
3.
Psikomotor
a)
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat Merakit
rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas
kinerja yang ditentukan.
b)
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat memasang
multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang
ditentukan.
c)
Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa
dapat Menjalankan
program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
B.
Afektif
1. Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar
yang menerapkan MPK, siswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
2.
Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses
belajar yang menerapkan MPKsiswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar
yang baik, berkomunikasi, kerja sama.
Skema Rangkaian
Gambar 1.
Rumusan Masalah (KPS 2): Apakah pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input?
Rumusan Hipotesis (KPS 19)
:______________________________________________ _______________________________________________________
Variabel (KPS 18) :
1. yang dipertahankan kontrol : ________________
2. yang dimanipulasi: _________________
3. yang merespon: _________________
Definisi operasional variabel manipulasi (DOVM) :_______________________________
________________________________________________________
Definisi operasional variabel respon (DOVR) :__________________________________
________________________________________________________
Prosedur Percobaan (KPS 20) : 1. Siapkan semua alat dan bahan
sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan dan sesuai Gambar 1.
2.
Rakit semua alat dan bahan sesuai Gambar
1.
3.
Konsultasikan kepada gurumu sebelum
mencoba rakitan itu untuk memastikan semua alat dan bahan bekerja dengan baik,
khususnya apakah multimeter telah terpasang dengan benar atau
tidak terpasang terbalik.
4.
Hubungkan probe
multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan
nilai 3V. Isikan hasil pengamatanmu pada Tabel 1.
5.
Ulangi langkah empat dengan mengganti nilai
menjadi 6V, 9V, dan 12V.
Tabel
Pengamatan (KPS 1; KPS
10; KPS 11):
Tabel 1. Hasil Pengamatan dengan multimeter
Nilai Input
|
Nilai Output
|
3V
|
……………………..
|
6V
|
………………………
|
9V
|
…………………….
|
12V
|
………………………
|
Analisis (KPS 16) : 1. Menurut tabel 1, apabila nilai input 3V maka penunjukan tegangan output di multimeter
_____
2. Menurut
tabel 1, apabila nilai input 6V maka penunjukan tegangan output di multimeter _____
3. Menurut
tabel 1, apabila nilai input 9V maka penunjukan tegangan output di multimeter
_____
4. Menurut tabel 1, apabila nilai input 12V
maka penunjukan tegangan output
di multimeter ______
5. Berdasarkan
tabel 1, besar tegangan output semakin _____ apabila nilai tegangan input
semakin _______
Kesimpulan (KPS 23) :
1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
_________________________________________________
2. Kesimpulan apa yang dapat
dibuat?
__________________________________________________________________________________________________
Daftar Pustaka
Multisim Analog Devices Edition
Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic
Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Schulz, Mitchel
E.2007.Grob’s Basic Electronics Tenth
Edition.New York : McGraw-Hill
Kunci LKS SMK : Penyearah Gelombang Penuh
Standar Kompetensi : Menerapkan
dasar-dasar elektronika
Kompetensi Dasar : 2. Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronik pasif
dan aktif
Indikator
A. Kognitif
1.
Produk
a) Mendeskripsikan
Rangkaian penyearah gelombang penuh
b) Menulis pengertian
dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c) Memberi contoh
aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2. Proses
a. Merumuskan hipotesis
b. Mengidentifikasi variabel-variabel
c. Merumuskan definisi operasional variabel
d. Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan
output terhadap nilai tegangan input
e. Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f. Melakukan analisis data
g. Menarik kesimpulan
3.
Menarik kesimpulanPsikomotor
a)
Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
b)
Memasang Multimeter
c)
Menjalankan program MULTISIM 10
B. Afektif
1. Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi:
a) Jujur,
b) Peduli,
c) Tanggung jawab
2.
Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a) Bertanya,
b) Menyumbang ide atau pendapat,
c) Menjadi pendengar yang baik,
d) Berkomunikasi,
e) Kerja sama
Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
1. Produk
a) Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa
dapat mendeskripsikan skema rangkaian sesuai kunci jawaban.
b)
Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh,
siswa dapat Menulis pengertian dari
rangkaian penyearah gelombang penuh
sesuai kunci jawaban .
c) Diberikan gambar
rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa
dapat Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada
alat elektronika
2. Proses
a.
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat merumuskan hipotesis
sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
b.
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat mengidentifikasi
variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
c.
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat merumuskan definisi
operasional variabel sesuai dengan rubriks yang.
d.
Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan
output terhadap nilai tegangan input sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan
di Indikator Kognitif Proses.
e.
Diberikan kesempatan melakukan eksperimen, siswa dapat membuat tabel pengamatan dan mencatat
hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
f.
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat melakukan analisis data
sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
g.
Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang,
siswa dapat menarik kesimpulan
sesuai dengan rubriks yang ditentukan
3.
Psikomotor
a)
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat Merakit
rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas
kinerja yang ditentukan.
b)
Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan,
siswa dapat memasang
multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang
ditentukan.
c)
Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa
dapat Menjalankan
program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan
B. Afektif
a.
Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar yang
menerapkan MPK, siswa dapat dinilai dengan Menunjukkan
kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
b.
Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar
yang menerapkan MPKsiswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar
yang baik, berkomunikasi, kerja sama.
Skema Rangkaian
Gambar 1.
Rumusan Masalah (KPS
2) : Apakah pengaruh
nilai tegangan output
terhadap nilai tegangan input?
Rumusan Hipotesis (KPS 19) : Apabila nilai tegangan input semakin besar, maka
nilai tegangan ouput semakin juga besar
Variabel (KPS 18) : 1. yang dipertahankan kontrol
: Tegangan
trafo, dioda, resistor
2. yang dimanipulasi: Nilai
tegangan input
3. yang merespon: Nilai
Tegangan Output
Definisi
operasional variabel manipulasi (DOVM)
: Nilai
tegangan input dimanipulasi dengan cara mengubah nilai tegangannya menjadi
dengan tiga nilai yaitu 3V, 6V, 9V, dan
12V
Definisi operasional variabel respon (DOVR) : Besar tegangan output diamati menggunakan
Multimeter
Prosedur Percobaan (KPS 20) : 1. Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan
bahan dan sesuai Gambar 1.
2.
Rakit semua alat dan bahan sesuai Gambar
1.
3.
Konsultasikan kepada gurumu sebelum
mencoba rakitan itu untuk memastikan semua alat dan bahan bekerja dengan baik,
khususnya apakah multimeter telah terpasang dengan benar atau
tidak terpasang terbalik.
4.
Hubungkan probe
multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan
nilai 3V. Isikan hasil pengamatanmu pada Tabel 1.
5.
Ulangi langkah empat dengan mengganti nilai
menjadi 6V, 9V, dan 12V.
Tabel Pengamatan (KPS 1; KPS 10; KPS 11):
Tabel 1. Hasil Pengamatan dengan multimeter
Nilai Input
|
Nilai Output
|
3V
|
800.202 mV
|
6V
|
2.082 V
|
9V
|
3.401 V
|
12V
|
4.729 V
|
Analisis (KPS 16) : 1. Menurut tabel 1, apabila nilai input 3V maka penunjukan tegangan output di multimeter
800.202 mV
2. Menurut
tabel 1, apabila nilai input 6V maka penunjukan tegangan output di multimeter 2.082 V
3. Menurut
tabel 1, apabila nilai input 9V maka penunjukan tegangan output di multimeter
3.401 V
4. Menurut tabel 1, apabila nilai input 12V
maka penunjukan tegangan output
di multimeter 4.729 V
5. Berdasarkan
tabel 1, besar tegangan output semakin besar apabila nilai tegangan input
semakin besar
Kesimpulan (KPS 23) : 1. Apakah hipotesismu dapat diterima?
Dapat diterima
2. Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu apabila nilai tegangan input semakin besar, maka
nilai tegangan ouput semakin juga besar
Daftar Pustaka
Multisim Analog Devices Edition
Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic
Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Schulz, Mitchel
E.2007.Grob’s Basic Electronics Tenth
Edition.New York : McGraw-Hill
Tabel Spesifikasi
Lembar Penilaian
No.
|
Indikator
|
LP
dan Butir Soal
|
Kunci
LP dan Butir Soal
|
1.
|
Produk:
1. Mendeskripsikan
Rangkaian penyearah gelombang penuh
2. Menulis pengertian
dari rangkaian penyearah gelombang penuh
3.
Memberi contoh aplikasi pada alat elektronika
|
LP 1: Produk
Butir soal no 1
Butir soal no 2, 3.
|
Jawaban siswa sesuai dengan
Kunci LP 1: produk butir soal 1, 2, 3.
|
2.
|
Keterampilan
Proses:
a. Merumuskan hipotesis
b. Mengidentifikasi variabel-variabel
c. Merumuskan definisi operasional variabel
d. Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input
e. Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil
eksperimen
f.
Melakukan analisis
data
g. Menarik kesimpulan
|
LP 2: RTK 1,
LP 2: RTK 2,
LP 2: RTK 3,
LP 2: RTK 4,
LP 2: RTK 5,
LP 2: RTK 6,
LP 2: RTK7
|
Diserahkan kepada penilaian
guru dan/atau pengamat.
|
3.
|
Psikomotor:
1.
Merakit
rangkaian Penyearah Gelombang penuh
2.
Memasang
Multimeter
3.
Menjalankan
program MULTISIM 10
|
LP 3: Psikomotor
RTK 1, 2, 3, dan 4
|
Dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru
|
4.
|
Afektif
Perilaku
Berkarakter:
1.
Jujur
2.
Peduli
3.
Tanggung
jawab
|
LP 4:
RTK 1,
RTK 2,
RTK 3
|
Dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru
|
5.
|
Keterampilan
Sosial:
1. Bertanya,
2. Menyumbang ide atau berpendapat
3. Menjadi pendengar yang baik
4. Komunikasi
5. Kerja sama
|
LP 5:
RTK 1,
RTK 2,
RTK 3,
RTK 4,
RTK 5
|
Dipercayakan kepada judgement
Penilai/Guru
|
Nama:_____________________ No Absen__________________Tanggal_______________
LP 1:
Produk
Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1.
Deskripsikan dari rangkaian penyearah gelombang penuh!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2.
Apakah pengertian dari penyearah gelombang penuh ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
Diaplikasikan pada rangkaian elektronika apakah penyearah
gelombang penuh?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Daftar Pustaka
http://belajar-elektronika.com/power-supply/teori-power-supply-catu-daya/
Nama:_____________________ No Absen__________________Tanggal_______________
Kunci
LP 1: Produk
Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini
dengan benar!
1.
Deskripsikan dari rangkaian penyearah gelombang penuh!
Tegangan positif
phasa yang pertama diteruskan oleh D1 sedangkan phasa yang berikutnya
dilewatkan melalui D2 ke beban R1 dengan CT transformator sebagai common
ground.. Dengan demikian beban R1 mendapat suplai tegangan gelombang
penuh.
2. Apakah pengertian
dari penyearah gelombang penuh ?
Penyearah
gelombang penuh adalah rangkaian yang memakai 2 dioda namun masih terlihat di
sini tegangan ripple yang masih sangat besar.
3. Diaplikasikan pada
rangkaian elektronika apakah penyearah gelombang penuh?
Dapat diaplikasikan
pada rangkaian catu daya atau regulator, namun terlihat di sini tegangan ripple
yang masih sangat besar.
Daftar Pustaka
http://belajar-elektronika.com/power-supply/teori-power-supply-catu-daya/
LP 2: Proses
Gambar 1.
Petunjuk
1.
Siapkan gambar seperti diatas dan bahan-bahan berikut ini.
a)
KIT Penyearah Gelombang Penuh
b)
Multimeter
c)
Program Multisim 10
d)
Prosedur
i. Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan
bahan dan sesuai Gambar 1.
ii. Hubungkan probe multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan nilai 3V.
iii. Ulangi
langkah diatas dengan mengganti nilai menjadi 6V, 9V, dan 12V.
2.
Berikan rumusan masalah pada siswa : “Apakah pengaruh tegangan
output bila dirubah nilai tegangannya pada tegangan input?”
3.
Berikan siswa tugas:”Buatlah
hipotesis yang sesuai dengan rumusan masalah tersebut.”
4.
Identifikasilah variabel-varibel dan rumuskan definisi
operasional variabel-variabel yang terdapat dalam hipotesis kamu!
5.
Laksanakanlah eksperimen untuk menguji hipotesismu dengan
menggunakan alat dan bahan yang disediakan!
6.
Buatlah tabel pengamatan dan catatlah hasil-hasil eksperimen
yang kamu peroleh pada tabel tersebut!
7.
Lakukan analisis data dan simpulkan hasil eksperimenmu!
Format Penilaian Kinerja Proses
Sekolah : ………………...……………..
Kelas : ……………………………….
No.
|
Rincian Tugas
Kinerja (Skor Maksimum)
|
Siswa
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Siswa ke-n
|
||
1
|
Merumuskan hipotesis. (15)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi variabel-variabel. (15)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Merumuskan definisi operasional variabel. (15)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh banyak beban
terhadap besar daya yang digunakan. (20)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Membuat
tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen. (10)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melakukan analisis data (10)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Menarik kesimpulan (15)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Total (100)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…………………..,
…………………20
Guru
(…………………………………………….)
Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science
Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
LP 3: Psikomotor
Petunjuk:
1.
Siapkan KIT Penyearah Gelombang Penuh dan Multimeter.
Tugas
1.
Berikan siswa tugas: “Rakitlah
rangkaian penyearah gelombang penuh sesuai dengan Gambar 1. LKS SMK.”
Format
Penilaian Kinerja Merakit Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh
No
|
Rincian Tugas
Kinerja (Skor Maksimum)
|
Siswa
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Siswa ke-n
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. (25)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menghubungkan multimeter sesuai seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1
LKS SMK. (25)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengecek apakah multimeter sudah terpasang dengan benar. (25)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan pada Gambar 1
LKS SMK sampai rangkaian bekerja. (25)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Total (100)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
……………….., …………………20
Guru
(……………………………………….)
Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science
Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
Siswa:
_______________________Kelas: ________________Tanggal: ________________
LP 4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter
Petunjuk:
Untuk
setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku
berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan C =
Menunjukkan B = Memuaska A = Sangat
perbaikan kemajuan
baik
Format Pengamatan
Perilaku Berkarakter
No
|
Rincian
Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Peduli
|
|
|
|
|
3
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
|
Surabaya, 20 Pengamat
(………………………………)
Sumber:
Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston:
Allyn & Bacon.
Siswa:
________________________ Kelas: _______________Tanggal: _______________
LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
Petunjuk:
Untuk
setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial
siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan
C = Menunjukkan B = Memuaskan A =
Sangat
perbaikan kemajuan baik
Format Pengamatan
Keterampilan Sosial
No
|
Rincian
Tugas Kinerja (RTK)
|
Memerlukan perbaikan (D)
|
Menunjukkan kemajuan (C)
|
Memuaskan (B)
|
Sangat baik (A)
|
1
|
Bertanya
|
|
|
|
|
2
|
Menyumbang ide atau
pendapat
|
|
|
|
|
3
|
Menjadi pendengar
yang baik
|
|
|
|
|
4
|
Berkomunikasi
|
|
|
|
|
5
|
Kerja sama
|
|
|
|
|
Surabaya, 20 Pengamat
(…………………………………)
Sumber: Johnson,
DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful
Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn &
Bacon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar