Rabu, 02 Januari 2013

RPP SMK TAV


RPP SMK: Penyearah Gelombang Penuh
Satuan Pendidikan            : SMK Negeri 5 Surabaya
Program Keahlian              : Teknik Audio Video
Mata Pelajaran                   : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester                  : X/1
Jumlah Pertemuan            : 1 Pertemuan
 

I.      Standar Kompetensi               : Menerapkan dasar-dasar elektronika
II.    Kompetensi Dasar                   : 2. Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronika pasif dan aktif
III.  Indikator
A.      Kognitif
1.    Produk:
a.       Mendeskripsikan Rangkaian penyearah gelombang penuh
b.      Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c.       Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2.    Keterampilan Proses:
a.    Merumuskan hipotesis
b.    Mengidentifikasi variabel-variabel
c.     Merumuskan definisi operasional variabel
d.    Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input
e.    Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f.     Melakukan analisis data
g.    Menarik kesimpulan
B.      Psikomotor                                           
1.    Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
2.    Memasang Multimeter
3.    Menjalankan program MULTISIM 10

C.      Afektif                                  
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)   Jujur,
b)   Peduli,
c)    Tanggung jawab
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Bertanya,
b)   Menyumbang ide atau pendapat,
c)    Menjadi pendengar yang baik,
d)   Berkomunikasi,
e)   Kerja sama
IV.  Tujuan Pembelajaran:
a.   Kognitif
1.      Produk               
a)   Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh,  siswa dapat mendeskripsikan skema rangkaian sesuai kunci jawaban LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
b)   Secara mandiri siswa dapat menuliskan pengertian dengan mengerjakan soal-soal di LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
c)    Secara mandiri siswa dapat member contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika dengan mengerjakan soal-soal di LP 1: Produk sesuai kunci jawaban.
2.      Keterampilan Proses 
a)  Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
b)  Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat mengidentifikasi variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
c)   Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat merumuskan definisi operasional variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
d)  Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input  sesuai rubriks yang ditentukan di LP 2.
e)  Diberikan kesempatan melakukan eksperimen, siswa dapat membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
f)   Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat melakukan analisis data sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
g)  Diperbolehkan membuka LKS SMK, siswa dapat menarik kesimpulan sesuai dengan rubriks yang ditentukan di LP 2.
b.    Psikomotor           
1.    Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
2.    Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat memasang multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
3.    Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa dapat Menjalankan program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan pada LP 3: Psikomotor.
c.     Afektif    
1.    Perilaku Berkarakter
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPK, diamati dengan LP 4 paling tidak siswa dinilai Menunjukkan kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
2.    Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPK, diamati dengan LP 5 paling tidak siswa dinilai Menunjukkan kemajuan dalam bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi, kerja sama.


V.   Materi Pembelajaran:
1.    Komponen aktif dan pasif
2.    Rangkaian penyearah Gelombang penuh

VI.  Alokasi Waktu
2 x 45 menit
VII.    Model Pembelajaran:
Model Pembelajaran Kooperatif (MPK)

VIII.  Proses Belajar Mengajar
A.   Pendahuluan (± 10 menit)
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.        Memotivasi siswa dengan menunjukkan dan mendemonstrasikan KIT Penyearah Gelombang penuh yang sedang aktif sambil bertanya apakah kalian dapat mengukur berapa besar daya yang digunakan pada rangkaian percobaan seperti ini? (Fase 1 MPK)
2.        Mengkomunikasikan garis besar indikator produk, proses, psikomotor, perilaku berkarakter, dan keterampilan sosial yang akan dipelajari. (Fase 1 MPK)





B.    Inti (± 70 menit)
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Penggalan 1
1.       Menyajikan informasi dengan mendeskripsikan rangkaian penyearah gelombang penuh, menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh serta memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika. (Fase 2 MPK)
2.       Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan LKS SMK: Penyearah Gelombang Penuh dan bahan yang dibutuhkan satu set per kelompok. Per kelompok terdiri dari 4-5 siswa.  (Fase 3 MPK)
3.       Membimbing kelompok bekerjasama untuk merumuskan hipotesis, mengidentifikasi variabel-variabel, merumuskan definisi operasional variabel, dengan mengacu pada Kunci LKS SMK. Setiap siswa ditekankan untuk aktif menyumbang ide dalam tugas ini. (Fase 4 MPK)
4.       Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik. (Fase 5 MPK)

Penggalan 2
5.         Membimbing kelompok bekerjasama untuk melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input, dengan memasang multimeter dan mengukur tegangan input dan output pada KIT Penyearah Gelombang penuh menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan dan sesuai prosedur yang tertulis di LKS SMK, setiap kelompok diingatkan untuk aktif bekerjasama, dan jujur dalam melaporkan hasil pengamatan serta ikut bertanggung jawab. (Fase 4 MPK)
6.         Membimbing membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen dengan mengacu pada Kunci LKS SMK. Tekankan perlunya jujur dalam melakukan pengamatan dan mencatat hasil pengamatan itu di dalam tabel. (Fase 4 MPK)
7.         Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik. (Fase 5 MPK)
8.         Membimbing kelompok bekerjasama melakukan analisis data dan menarik kesimpulan. Siswa diminta untuk aktif menyumbang ide. (Fase 4 MPK)
9.         Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mengkomunikasikan pekerjaannya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa ditekankan untuk aktif menyumbang ide dan pendapat serta menjadi pendengar yang baik. (Fase 5 MPK)
10.      Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. (Fase 6 MPK)





C.      Penutup(± 10 menit)
Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
1.         Dengan melibatkan siswa menutup pelajaran dan memberi PR mencari tahu apakah pengaruh tegangan input dan tegangan output pada rangkaian Gelombang penuh.





IX.  Penilaian Hasil Belajar
1.       LP 1: Produk
2.       LP 2: Proses
3.       LP 3: Psikomotor
4.       LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Karakter
5.       LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial
6.       Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian



X.    Sumber Belajar
1.       Silabus
2.       LKS SMK TAV : Penyearah Gelombang Penuh
3.       Kunci LKS SMK TAV : Penyearah Gelombang Penuh
4.       Alat dan bahan:
·      Multimeter
·      Dioda 1N4001 4 Buah
·      Resistor 200 kΩ
·      Transformator
·      KIT Penyearah Gelombang Penuh


















Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
_______________. 2000. Inqury Skills Activity Book. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Multisim Analog Devices Edition Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio video.
Schulz, Mitchel E.2007.Grob’s Basic Electronics Tenth Edition.New York :  McGraw-Hill

LKS SMK : Penyearah Gelombang Penuh

Standar Kompetensi   : Menerapkan dasar-dasar elektronika
Kompetensi Dasar       :  2. Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronik pasif dan aktif
Indikator
A.   Kognitif                                       
1.    Produk
a)    Mendeskripsikan Rangkaian penyearah gelombang penuh
b)   Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c)    Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2.    Proses
a.    Merumuskan hipotesis
b.    Mengidentifikasi variabel-variabel
c.     Merumuskan definisi operasional variabel
d.    Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input
e.    Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f.     Melakukan analisis data
g.    Menarik kesimpulan
3.    Psikomotor           
a)    Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
b)   Memasang Multimeter
c)    Menjalankan program MULTISIM 10
B.    Afektif       
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)      Jujur,
b)      Peduli,
c)       Tanggung jawab
2.       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)      Bertanya,
b)      Menyumbang ide atau pendapat,
c)       Menjadi pendengar yang baik,
d)      Berkomunikasi,
e)      Kerja sama
Tujuan Pembelajaran
A.   Kognitif                                    
1.    Produk                                   
a)    Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh,  siswa dapat mendeskripsikan skema rangkaian sesuai kunci jawaban.
b)   Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa  dapat Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh  sesuai kunci jawaban .
c)    Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa  dapat Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika     
2.       Proses 
a)    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
b)   Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat mengidentifikasi variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
c)    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat merumuskan definisi operasional variabel sesuai dengan rubriks yang.
d)   Diberikan alat,  bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input  sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan di Indikator Kognitif Proses.
e)   Diberikan kesempatan melakukan eksperimen, siswa dapat membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
f)     Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat melakukan analisis data sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
g)    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat menarik kesimpulan sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
3.    Psikomotor        
a)    Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
b)   Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat memasang multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c)    Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa dapat Menjalankan program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
B.      Afektif    
1.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPK, siswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
2.       Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPKsiswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi, kerja sama.








Skema Rangkaian
Gambar 1.

Rumusan Masalah (KPS 2):  Apakah pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input?
Rumusan Hipotesis (KPS 19)      :______________________________________________  _______________________________________________________
Variabel (KPS 18)        :  1.  yang dipertahankan kontrol : ________________
                                                       2.  yang dimanipulasi: _________________               
     3.  yang merespon: _________________

Definisi operasional variabel manipulasi (DOVM) :_______________________________ ________________________________________________________
 Definisi operasional variabel respon (DOVR)  :__________________________________ ________________________________________________________
Prosedur Percobaan (KPS 20) :  1.  Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan dan sesuai Gambar 1.
2.    Rakit semua alat dan bahan sesuai Gambar 1.
3.    Konsultasikan kepada gurumu sebelum mencoba rakitan itu untuk memastikan semua alat dan bahan bekerja dengan baik, khususnya apakah multimeter telah terpasang dengan benar atau tidak terpasang terbalik.
4.    Hubungkan probe multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan nilai 3V. Isikan hasil pengamatanmu pada Tabel 1.
5.    Ulangi langkah empat dengan mengganti nilai menjadi 6V, 9V, dan 12V.





Tabel Pengamatan (KPS 1; KPS 10; KPS 11):
Tabel 1. Hasil Pengamatan dengan multimeter
Nilai Input
Nilai Output
3V
……………………..
6V
………………………
9V
…………………….
12V
………………………


Analisis (KPS 16)                : 1. Menurut tabel 1, apabila nilai input 3V maka penunjukan tegangan output di multimeter  _____
 2. Menurut tabel 1, apabila nilai input 6V maka penunjukan tegangan output di multimeter _____
   3. Menurut tabel 1, apabila nilai input 9V maka penunjukan tegangan output di multimeter  _____
   4. Menurut tabel 1, apabila nilai input 12V maka penunjukan tegangan output di multimeter  ______
   5. Berdasarkan tabel 1, besar tegangan output semakin _____ apabila nilai tegangan input semakin _______
Kesimpulan (KPS 23)       :  1.  Apakah hipotesismu dapat diterima?
_________________________________________________
                                                2.  Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
__________________________________________________________________________________________________
Daftar Pustaka
Multisim Analog Devices Edition Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Schulz, Mitchel E.2007.Grob’s Basic Electronics Tenth Edition.New York :  McGraw-Hill

Kunci LKS SMK : Penyearah Gelombang Penuh

Standar Kompetensi   : Menerapkan dasar-dasar elektronika
Kompetensi Dasar       :  2. Mengidentifikasi sifat-sifat komponen elektronik pasif dan aktif
Indikator
A. Kognitif                                            
1.    Produk
a)    Mendeskripsikan Rangkaian penyearah gelombang penuh
b)   Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh
c)    Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika
2.    Proses
a.    Merumuskan hipotesis
b.    Mengidentifikasi variabel-variabel
c.     Merumuskan definisi operasional variabel
d.    Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input
e.    Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f.     Melakukan analisis data
g.    Menarik kesimpulan
3.    Menarik kesimpulanPsikomotor
a)    Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
b)    Memasang Multimeter
c)     Menjalankan program MULTISIM 10
B.      Afektif       
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)    Jujur,
b)   Peduli,
c)    Tanggung jawab
2.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Bertanya,
b)   Menyumbang ide atau pendapat,
c)    Menjadi pendengar yang baik,
d)   Berkomunikasi,
e)   Kerja sama

Tujuan Pembelajaran
A.      Kognitif                                       
1.    Produk                                      
a)    Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa dapat mendeskripsikan skema rangkaian sesuai kunci jawaban.
b)   Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa  dapat Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh  sesuai kunci jawaban .
c)    Diberikan gambar rangkaian penyearah gelombang penuh, siswa  dapat Memberi contoh aplikasi rangkaian penyearah gelombang penuh pada alat elektronika     
2.    Proses     
a.    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat merumuskan hipotesis sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
b.    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat mengidentifikasi variabel-variabel sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
c.     Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat merumuskan definisi operasional variabel sesuai dengan rubriks yang.
d.    Diberikan alat, bahan, dan LKS SMK, siswa dapat melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input  sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan di Indikator Kognitif Proses.
e.    Diberikan kesempatan melakukan eksperimen, siswa dapat membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
f.     Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat melakukan analisis data sesuai dengan rubriks yang ditentukan.
g.    Diberikan software MULTISIM 10 dan Rangkain penyearah gelombang, siswa dapat menarik kesimpulan sesuai dengan rubriks yang ditentukan  
  3. Psikomotor                                                                                
a)    Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
b)   Diberikan LKS SMK serta alat dan bahan yang dibutuhkan, siswa dapat memasang multimeter sesuai gambar rangkaian dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan.
c)    Diberikan LKS SMK alat serta pemrograman multisim, siswa dapat Menjalankan program MULTISIM 10 sesuai dengan rincian tugas kinerja yang ditentukan

B.      Afektif       
a.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPK, siswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam jujur, peduli, tanggung jawab.
b.    Perilaku berkarakter
Terlibat dalam proses belajar yang menerapkan MPKsiswa dapat dinilai dengan Menunjukkan kemajuan dalam bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi, kerja sama.










Skema Rangkaian
Gambar 1.

Rumusan Masalah (KPS 2)  :  Apakah pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input?
   Rumusan Hipotesis (KPS 19)  :  Apabila nilai tegangan input semakin besar, maka nilai tegangan ouput semakin juga besar
   Variabel (KPS 18)        : 1. yang dipertahankan kontrol : Tegangan trafo, dioda, resistor
  2. yang dimanipulasi: Nilai tegangan input           
  3. yang merespon: Nilai Tegangan Output

Definisi operasional variabel manipulasi (DOVM) : Nilai tegangan input dimanipulasi dengan cara mengubah nilai tegangannya menjadi dengan tiga nilai yaitu 3V,  6V, 9V, dan 12V
 Definisi operasional variabel respon (DOVR)  : Besar tegangan output diamati menggunakan Multimeter

Prosedur Percobaan (KPS 20) :  1. Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan dan sesuai Gambar 1.
2.    Rakit semua alat dan bahan sesuai Gambar 1.
3.    Konsultasikan kepada gurumu sebelum mencoba rakitan itu untuk memastikan semua alat dan bahan bekerja dengan baik, khususnya apakah multimeter telah terpasang dengan benar atau tidak terpasang terbalik.
4.    Hubungkan probe multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan nilai 3V. Isikan hasil pengamatanmu pada Tabel 1.
5.    Ulangi langkah empat dengan mengganti nilai menjadi 6V, 9V, dan 12V.






Tabel Pengamatan (KPS 1; KPS 10; KPS 11):
Tabel 1. Hasil Pengamatan dengan multimeter
Nilai Input
Nilai Output
3V
800.202 mV
6V
2.082 V
9V
3.401  V
12V
4.729 V

Analisis (KPS 16)                : 1. Menurut tabel 1, apabila nilai input 3V maka penunjukan tegangan output di multimeter  800.202  mV  
 2. Menurut tabel 1, apabila nilai input 6V maka penunjukan tegangan output di multimeter 2.082 V
   3. Menurut tabel 1, apabila nilai input 9V maka penunjukan tegangan output di multimeter  3.401  V
   4. Menurut tabel 1, apabila nilai input 12V maka penunjukan tegangan output di multimeter  4.729 V
   5. Berdasarkan tabel 1, besar tegangan output semakin besar apabila nilai tegangan input semakin besar  
Kesimpulan (KPS 23)       :  1.  Apakah hipotesismu dapat diterima?
                                                     Dapat diterima
                                                2.  Kesimpulan apa yang dapat dibuat?
Hipotesis diterima, yaitu apabila nilai tegangan input semakin besar, maka nilai tegangan ouput semakin juga besar


Daftar Pustaka
Multisim Analog Devices Edition Version 10.01.40 Software Simulator dari National Instruments Electronic Workbench Group. Copyright 2007 National Instrument Corporation. http://ni.com/instrument.
Kurikulum SMK Negeri 5 Surabaya. 2010. Silabus Dasar Kompetensi Kejuruan Kompetensi Keahlian: Teknik Audio Video.
Schulz, Mitchel E.2007.Grob’s Basic Electronics Tenth Edition.New York :  McGraw-Hill
Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian

No.
Indikator
LP dan Butir Soal
Kunci LP dan Butir Soal
1.
Produk:
1.    Mendeskripsikan Rangkaian penyearah gelombang penuh
2.    Menulis pengertian dari rangkaian penyearah gelombang penuh
3.    Memberi contoh aplikasi pada alat elektronika
LP 1: Produk
Butir soal no 1
Butir soal no 2, 3.

Jawaban siswa sesuai dengan Kunci LP 1: produk butir soal 1, 2, 3.
2.
Keterampilan Proses:
a.       Merumuskan hipotesis
b.      Mengidentifikasi variabel-variabel
c.       Merumuskan definisi operasional variabel
d.      Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh nilai tegangan output terhadap nilai tegangan input
e.      Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen
f.        Melakukan analisis data
g.       Menarik kesimpulan

LP 2: RTK 1,
LP 2: RTK 2,
LP 2: RTK 3,

LP 2: RTK 4,

LP 2: RTK 5,

LP 2: RTK 6,
LP 2: RTK7

Diserahkan kepada penilaian guru dan/atau pengamat.
3.
Psikomotor:
1.       Merakit rangkaian Penyearah Gelombang penuh
2.       Memasang Multimeter
3.       Menjalankan program MULTISIM 10

LP 3:  Psikomotor RTK 1, 2, 3, dan 4

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
4.
Afektif
Perilaku Berkarakter:
1.    Jujur
2.    Peduli
3.    Tanggung jawab

LP 4:
RTK 1,
RTK 2,
RTK 3

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru
5.
Keterampilan Sosial:
1.    Bertanya,
2.    Menyumbang ide atau berpendapat
3.    Menjadi pendengar yang baik
4.    Komunikasi
5.    Kerja sama

LP 5:
RTK 1,
RTK 2,
RTK 3,
RTK 4,
RTK 5

Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru






Nama:_____________________ No Absen__________________Tanggal_______________

LP 1: Produk

Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.     Deskripsikan dari rangkaian penyearah gelombang penuh!
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________

2.    Apakah pengertian dari penyearah gelombang penuh ?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3.    Diaplikasikan pada rangkaian elektronika apakah penyearah gelombang penuh?
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________


















Daftar Pustaka

http://belajar-elektronika.com/power-supply/teori-power-supply-catu-daya/

 

Nama:_____________________ No Absen__________________Tanggal_______________

Kunci LP 1: Produk

Petunjuk
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.       Deskripsikan dari rangkaian penyearah gelombang penuh!
Tegangan positif phasa yang pertama diteruskan oleh D1 sedangkan phasa yang berikutnya dilewatkan melalui D2 ke beban R1 dengan CT transformator sebagai common ground.. Dengan demikian beban R1 mendapat suplai tegangan gelombang penuh.

2.       Apakah pengertian dari penyearah gelombang penuh ?
Penyearah gelombang penuh adalah rangkaian yang memakai 2 dioda namun masih terlihat di sini tegangan ripple yang masih sangat besar.

3.       Diaplikasikan pada rangkaian elektronika apakah penyearah gelombang penuh?
Dapat diaplikasikan pada rangkaian catu daya atau regulator, namun terlihat di sini tegangan ripple yang masih sangat besar.



















Daftar Pustaka

http://belajar-elektronika.com/power-supply/teori-power-supply-catu-daya/

 

LP 2:  Proses
Gambar 1.



Petunjuk
1.       Siapkan gambar seperti diatas dan bahan-bahan berikut ini.
a)    KIT Penyearah Gelombang Penuh
b)   Multimeter
c)    Program Multisim 10
d)   Prosedur
                         i.     Siapkan semua alat dan bahan sesuai yang tercantum pada daftar alat dan bahan dan sesuai Gambar 1.
                        ii.     Hubungkan probe multimeter sesuai gambar 1, dan amati penunjukkan dengan nilai 3V.
                      iii.     Ulangi langkah diatas dengan mengganti nilai menjadi 6V, 9V, dan 12V.
2.       Berikan rumusan masalah pada siswa : Apakah pengaruh tegangan output bila dirubah nilai tegangannya pada  tegangan input?”
3.       Berikan siswa tugas:”Buatlah hipotesis yang sesuai dengan rumusan masalah tersebut.”
4.       Identifikasilah variabel-varibel dan rumuskan definisi operasional variabel-variabel yang terdapat dalam hipotesis kamu!
5.       Laksanakanlah eksperimen untuk menguji hipotesismu dengan menggunakan alat dan bahan yang disediakan!
6.       Buatlah tabel pengamatan dan catatlah hasil-hasil eksperimen yang kamu peroleh pada tabel tersebut!
7.       Lakukan analisis data dan simpulkan hasil eksperimenmu!





Format Penilaian Kinerja Proses
Sekolah    : ………………...……………..
Kelas         : ……………………………….

No.
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
Siswa
1
2
3
4
5
6
7
Siswa ke-n
1
Merumuskan hipotesis. (15)








2
Mengidentifikasi variabel-variabel. (15)








3
Merumuskan definisi operasional variabel. (15)








4
Melaksanakan eksperimen untuk menyelidiki pengaruh banyak beban terhadap besar daya yang digunakan. (20)








5
Membuat tabel pengamatan dan mencatat hasil-hasil eksperimen. (10)








6
Melakukan analisis data (10)








7
Menarik kesimpulan (15)








Skor Total (100)








                                                                                                                       

………………….., …………………20
                                                                                                                                              
                                                                                                                                                Guru





                                               (…………………………………………….)











Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
LP 3:  Psikomotor

Petunjuk:
1.       Siapkan KIT Penyearah Gelombang Penuh dan Multimeter.
Tugas
1.       Berikan siswa tugas: “Rakitlah rangkaian penyearah gelombang penuh sesuai dengan Gambar 1. LKS SMK.”
Format Penilaian Kinerja Merakit Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh
No
Rincian Tugas Kinerja (Skor Maksimum)
Siswa
1
2
3
4
5
6
7
Siswa ke-n
1
Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. (25)








2
Menghubungkan multimeter sesuai seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMK. (25)








3
Mengecek apakah multimeter sudah terpasang dengan benar. (25)








4
Menghubungkan seluruh alat dan bahan seperti ditunjukkan pada Gambar 1 LKS SMK sampai rangkaian bekerja. (25)








Skor Total  (100)










                                                                                           ……………….., …………………20

                                                                                         Guru



                               
                                                                                 (……………………………………….)







Daftar Pustaka
_______________. tt. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
Siswa: _______________________Kelas: ________________Tanggal: ________________

LP 4: Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

Petunjuk:
Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan           C = Menunjukkan                   B = Memuaska             A = Sangat
        perbaikan                     kemajuan                                                                       baik
                      
Format Pengamatan Perilaku Berkarakter

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)

1


Jujur





2


Peduli





3


Tanggungjawab




                                                                                                                       
                                                                                                                                Surabaya,                            20                                           Pengamat


                                                                                                                                (………………………………)




Sumber: Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.
Siswa: ________________________ Kelas: _______________Tanggal: _______________

LP 5: Format Pengamatan Keterampilan Sosial

Petunjuk:
Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini, beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini:
D = Memerlukan          C = Menunjukkan                    B = Memuaskan                            A = Sangat
        perbaikan                    kemajuan                                                                        baik                

Format Pengamatan Keterampilan Sosial

No
Rincian Tugas Kinerja (RTK)

Memerlukan perbaikan (D)
Menunjukkan kemajuan (C)
Memuaskan (B)
Sangat baik (A)
1
Bertanya




2
Menyumbang ide atau pendapat




3
Menjadi pendengar yang baik




4
Berkomunikasi




5
Kerja sama





                                                                                                                                Surabaya,                            20                                           Pengamat


                                                                                                                                (…………………………………)                








Sumber: Johnson, DavidW. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar