Rabu, 02 Januari 2013

INSTRUMEN TELAAH DAN MASUKKAN PERANGKAT RPP


Instrumen Telaah dan Masukan Perangkat RPP

Judul Perangkat RPP: …………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………..

Penulis:  …………………………………………………………………………………

            Nama Penelaah:   …………………..………………………………………………….


PETUNJUK
 
·         Perangkat RPP adalah perangkat rencana pembelajaran yang lengkapnya terdiri dari Silabus, RPP, LKS, Kunci LKS, Tabel Spesifikasi atau Kisi-kisi Lembar Penilaian, Lembar Penilaian, Kunci Lembar Penilaian, Buku Siswa, dan Media.

·         Dimohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menelaah dan memberi masukan seluruh komponen draf perangkat RPP terlampir meliputi aspek yang diminta dalam instrumen berikut ini.

·         Mohon memberikan tanda Ö pada kolom yang sesuai dan memberikan masukan perbaikan pada tempat yang disediakan.

·         Di samping itu Bapak/Ibu dimohon memberikan komentar atau masukan bebas dan ditulis langsung pada  tempat  yang perlu diberikan masukan/komentar.

·         Bapak/Ibu dimohon membetulkan salah ketik, kurang tanda baca, dan kesalahan kecil lainnya yang dijumpai pada saat membaca perangkat RPP tersebut.






KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PUSAT SAINS DAN MATEMATIKA SEKOLAH

2011
Instrumen Telaah dan Masukan Perangkat RPP  

No
Komponen
Tidak memberi masukan
Sudah baik
Perlu perbaikan
Masukan Perbaikan
I
Bagian Awal


a.       Kaver




b.      Kata Pengantar




c.       Daftar Isi (Urutan: Kaver, Kata Pengantar, Daftar Isi, Silabus, Skenario RPP, Buku Siswa/Bahan Bacaan, LKS dan Kunci LKS, Media, Tabel Spesifikasi LP, LP dan Kunci LP)




d.      Diberi nomor halaman



II
Silabus






























A.      Identitas Silabus: 
a. Judul



b.  Satuan Pendidikan (Nama lengkap satuan pendidikan)



c. Bidang Keahlian (Khusus SMK)



d. Mata Pelajaran



e. Kelas/Semester



f.  Standar Kompetensi

























.
B.      Format matrik silabus:
a. Kompetensi Dasar



b. Materi Pokok/Materi Pembelajaran



c. Kegiatan Pembelajaran



d. Indikator:
     1) Kognitif



          a) Produk



          b) Proses



     2) Psikomotor



     3) Afektif



          a) Karakter



          b) Ketrampilan Sosial



e. Penilaian:
     1) Teknik



     2) Bentuk Instrumen



     3) Instrumen



f. Alokasi Waktu



g. Sumber Belajar



h. Daftar Pustaka (KTSP Sekolah Mitra wajib dicantumkan)



III.
Identitas dan Komponen Perangkat RPP




















































A.      Identitas Perangkat RPP:

a. Judul perangkat RPP




b. Satuan  Pendidikan (Nama lengkap satuan pendidikan)  




c. Kelas




d. Semester




e. Program/Bidang Keahlian (Khusus SMK)




f. Mata pelajaran atau tema pelajaran




g. Jumlah pertemuan




B.      Sepuluh Komponen Perangkat RPP

I.     Standar Kompetensi




II.   Kompetensi Dasar




III.    Indikator 
a.       Indikator komprehensif dan diklasifikasikan menurut ranah (domain):

     1) Kognitif




          a) Produk




          b) Proses




     2) Psikomotor




     3) Afektif




          a) Perilaku Berkarakter




          b) Ketrampilan Sosial




b.      Indikator di skenario RPP sama dengan Indikator di Silabus dan di Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian




IV.   Tujuan Pembelajaran

a.       Rumusan tujuan Pembelajaran menggunakan format ABCD




b.      Rumusan Indikator cukup ditulis B-nya (Behavior) saja (kata kerja operasional dan substansinya).




c.       Rumusan Tujuan Pembelajaran untuk Indikator tertentu tidak boleh berubah B-nya (kata kerja operasional dan substansinya) atau isinya.




d.      Setiap indikator harus ada tujuan pembelajaran yang terkait dengan indikator itu dan sebaliknya.




e.      Bila RPP terdiri dari beberapa pertemuan, Indikator dan Tujuan Pembelajaran diberi  keterangan untuk pertemuan ke berapa.




V.     Materi  ajar (Cukup ditulis pokok-pokok/topik-topik materi)




VI.   Alokasi waktu




VII. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran sesuai indikator atau tujuan pembelajaran.




VIII.  Kegiatan Pembelajaran

a. Motivasi tidak boleh hanya verbal.




b. Mencantumkan alokasi waktu setiap langkah.




c. Seluruh bahan ajar (Buku Siswa, LKS, Media, LP, Bahan Bacaan, dll) diskenariokan.




d. Keterampilan berfikir diskenariokan.




e. Perilaku berkarakter diskenariokan.




f.  Keterampilan sosial diskenariokan.




g. Apabila menggunakan model tertentu, fase-fase/sintaks model itu ditulis.




h.  Dilengkapi Kolom Penilaian Keterlaksanaan Pembelajaran.




IX.  Penilaian hasil belajar

X.  Sumber belajar  




Daftar Pustaka  (KTSP Sekolah Mitra wajib dicantumkan).



IV
LKS dan Kunci LKS

a.       Judul




b.      Mencantumkan Tujuan Pembelajaran atau Indikator yang sesuai dengan yang ada di Skenario RPP




c.       Alat/Bahan (jika ada)




d.      Kualitas gambar/tabel/grafik




e.      Rumusan masalah/Hipotesis/Variabel/Definisi operasional Variabel/Tabel Data/Analisis/Kesimpulan/Penerapan (jika ada)




f.        Daftar Pustaka




g.       Kunci LKS




h.      Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)




i.         Kesesuaian bahasa dengan kemampuan siswa yang memakai.




j.        Kesesuaian isi LKS dengan indikator.




k.       LKS tidak boleh langsung dijadikan LP tanpa modifikasi.




l.         LKS Percobaan (Eksperimen) beda dengan LKS Pengamatan.



V
Buku Siswa/Bahan Bacaan










a.       Mencantumkan Tujuan Pembelajaran atau Indikator yang sesuai dengan Indikator di RPP.




b.      Rangkuman materi




c.       Latihan  atau Kegiatan




d.      Kualitas Gambar/Tabel/Grafik




e.      Daftar Pustaka




f.        Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)




g.       Kesesuaian bahasa dengan kemampuan siswa yang memakai.




h.      Kesesuaian isi buku siswa/bahan bacaan dengan indikator.



VI
Tabel Spesifikasi LP








a.       Matrik tabel spesifikasi memiliki tiga kolom: Indikator atau Tujuan Pembelajaran, Nama LP dan Butir Soal, Kunci LP dan Butir Soal.




b.      Daftar Pustaka




c.       Seluruh LP dan Butir Soal tercantum di Tabel Spesifikasi.




VII.
Lembar Penilaian (LP) dan Kunci LP






















Validitas isi butir (Kesesuaian isi setiap butir dengan indikator terkait) setiap butir yang ada di lembar penilaian.

a.        LP Kognitif




b.      LP Produk




c.       LP Proses




d.       LP Psikomotor




e.       LP Afektif




f.        LP Keterampilan sosial




g.       LP Perilaku berkarakter




h.      Daftar Pustaka




i.         Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)




j.        Kualitas gambar/grafik/tabel




k.       Kejelasan bahasa




l.         Kesesuaian setiap butir LP dengan indikator terkait (Tidak ada indikator yang tidak ada butir penilaiannya).




m.    Pada LP Kinerja (Proses/Psikomotor) harus dikengkapi petunjuk untuk guru/siswa.



VIII
Media







a.       Media menunjang ketercapaian indikator.




b.      Media diskenariokan di RPP.




c.       Dilengkapi media berbasis ICT/Internet (Khusus untuk RPP berbasis ICT/Internet).




d.      Daftar Pustaka



IX
Keterkaitan antar Komponen


a.       Seluruh komponen RPP terkait secara solid, artinya ada keterkaitan antara SK, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Skenario RPP, Buku Siswa/Bahan Bacaan, LKS, Kunci LKS, Media, Tabel Spesifikasi LP atau Kisi-kisi LP, LP, Kunci LP.




b.      Bila indikator atau di skenario RPP menyebut pengamatan atau  percobaan, maka di buku siswa, LKS, atau media harus ada materi tentang pengamatan atau percobaan tersebut.




*
                                                                                                Surabaya, …………………… 2011
                                                                                                Penelaah
                                                           

                                                                                                (                                                     )

Catatan lain:

_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar