Instrumen
Telaah dan Masukan Perangkat
RPP
Judul Perangkat
RPP: …………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………..
Penulis:
…………………………………………………………………………………
Nama Penelaah: …………………..………………………………………………….
PETUNJUK
·
Perangkat RPP adalah perangkat rencana pembelajaran yang
lengkapnya terdiri dari Silabus, RPP, LKS, Kunci LKS, Tabel Spesifikasi atau
Kisi-kisi Lembar Penilaian, Lembar Penilaian, Kunci Lembar Penilaian, Buku
Siswa, dan Media.
·
Dimohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menelaah dan memberi
masukan seluruh komponen draf
perangkat RPP terlampir meliputi aspek yang diminta dalam instrumen berikut
ini.
·
Mohon memberikan tanda Ö pada kolom yang sesuai dan memberikan masukan
perbaikan pada tempat yang disediakan.
·
Di samping itu Bapak/Ibu dimohon memberikan komentar atau
masukan bebas dan ditulis langsung pada
tempat yang perlu diberikan
masukan/komentar.
·
Bapak/Ibu dimohon membetulkan salah ketik, kurang tanda
baca, dan kesalahan kecil lainnya yang dijumpai pada saat membaca perangkat RPP
tersebut.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PUSAT SAINS DAN
MATEMATIKA SEKOLAH
2011
Instrumen
Telaah dan Masukan Perangkat RPP
No
|
Komponen
|
Tidak memberi masukan
|
Sudah baik
|
Perlu perbaikan
|
Masukan
Perbaikan
|
I
|
Bagian Awal
|
|
|||
|
a.
Kaver
|
|
|
|
|
|
b.
Kata Pengantar
|
|
|
|
|
|
c.
Daftar Isi
(Urutan: Kaver, Kata Pengantar, Daftar Isi, Silabus, Skenario RPP, Buku
Siswa/Bahan Bacaan, LKS dan Kunci LKS, Media, Tabel Spesifikasi LP, LP dan
Kunci LP)
|
|
|
|
|
|
d.
Diberi nomor
halaman
|
|
|
|
|
II
|
Silabus
|
|
|||
|
A.
Identitas Silabus:
|
||||
a. Judul
|
|
|
|
||
b. Satuan Pendidikan (Nama lengkap satuan
pendidikan)
|
|
|
|
||
c. Bidang Keahlian (Khusus
SMK)
|
|
|
|
||
d. Mata Pelajaran
|
|
|
|
||
e. Kelas/Semester
|
|
|
|
||
f. Standar Kompetensi
|
|
|
|
||
.
|
B.
Format matrik silabus:
|
||||
a. Kompetensi Dasar
|
|
|
|
||
b. Materi Pokok/Materi
Pembelajaran
|
|
|
|
||
c. Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
||
d. Indikator:
|
|||||
1) Kognitif
|
|
|
|
||
a) Produk
|
|
|
|
||
b) Proses
|
|
|
|
||
2) Psikomotor
|
|
|
|
||
3)
Afektif
|
|
|
|
||
a) Karakter
|
|
|
|
||
b) Ketrampilan Sosial
|
|
|
|
||
e. Penilaian:
|
|||||
1) Teknik
|
|
|
|
||
2) Bentuk Instrumen
|
|
|
|
||
3) Instrumen
|
|
|
|
||
f. Alokasi Waktu
|
|
|
|
||
g. Sumber Belajar
|
|
|
|
||
h. Daftar Pustaka (KTSP
Sekolah Mitra wajib dicantumkan)
|
|
|
|
||
III.
|
Identitas dan Komponen Perangkat RPP
|
|
|||
|
A.
Identitas Perangkat RPP:
|
||||
|
a. Judul perangkat RPP
|
|
|
|
|
|
b. Satuan Pendidikan (Nama lengkap satuan pendidikan)
|
|
|
|
|
|
c. Kelas
|
|
|
|
|
|
d. Semester
|
|
|
|
|
|
e. Program/Bidang Keahlian
(Khusus SMK)
|
|
|
|
|
|
f. Mata pelajaran atau tema
pelajaran
|
|
|
|
|
|
g. Jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
|
B.
Sepuluh Komponen Perangkat
RPP
|
||||
|
I.
Standar Kompetensi
|
|
|
|
|
|
II. Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
|
III. Indikator
a.
Indikator komprehensif dan diklasifikasikan menurut ranah (domain):
|
||||
|
1) Kognitif
|
|
|
|
|
|
a) Produk
|
|
|
|
|
|
b) Proses
|
|
|
|
|
|
2) Psikomotor
|
|
|
|
|
|
3) Afektif
|
|
|
|
|
|
a) Perilaku Berkarakter
|
|
|
|
|
|
b) Ketrampilan Sosial
|
|
|
|
|
|
b.
Indikator di skenario RPP sama dengan Indikator di Silabus dan di Tabel
Spesifikasi Lembar Penilaian
|
|
|
|
|
|
IV. Tujuan Pembelajaran
|
||||
|
a.
Rumusan tujuan Pembelajaran menggunakan format ABCD
|
|
|
|
|
|
b.
Rumusan Indikator cukup ditulis B-nya (Behavior) saja (kata kerja operasional
dan substansinya).
|
|
|
|
|
|
c.
Rumusan Tujuan Pembelajaran untuk Indikator tertentu tidak boleh berubah
B-nya (kata kerja operasional dan substansinya) atau isinya.
|
|
|
|
|
|
d.
Setiap indikator harus ada tujuan pembelajaran yang terkait dengan
indikator itu dan sebaliknya.
|
|
|
|
|
|
e.
Bila RPP terdiri dari beberapa pertemuan, Indikator dan Tujuan
Pembelajaran diberi keterangan untuk
pertemuan ke berapa.
|
|
|
|
|
|
V.
Materi ajar (Cukup ditulis pokok-pokok/topik-topik
materi)
|
|
|
|
|
|
VI. Alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
VII. Pendekatan/Strategi/Model/Metode Pembelajaran sesuai indikator atau
tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
|
||||
|
a. Motivasi tidak boleh
hanya verbal.
|
|
|
|
|
|
b. Mencantumkan alokasi
waktu setiap langkah.
|
|
|
|
|
|
c. Seluruh bahan ajar (Buku
Siswa, LKS, Media, LP, Bahan Bacaan, dll) diskenariokan.
|
|
|
|
|
|
d. Keterampilan berfikir
diskenariokan.
|
|
|
|
|
|
e. Perilaku berkarakter
diskenariokan.
|
|
|
|
|
|
f. Keterampilan sosial diskenariokan.
|
|
|
|
|
|
g. Apabila menggunakan model
tertentu, fase-fase/sintaks model itu ditulis.
|
|
|
|
|
|
h. Dilengkapi Kolom Penilaian Keterlaksanaan
Pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
IX.
Penilaian hasil belajar
|
||||
|
X. Sumber belajar
|
|
|
|
|
|
Daftar Pustaka (KTSP Sekolah Mitra wajib dicantumkan).
|
|
|
|
|
IV
|
LKS dan Kunci LKS
|
||||
|
a.
Judul
|
|
|
|
|
|
b.
Mencantumkan Tujuan Pembelajaran atau Indikator yang sesuai dengan yang
ada di Skenario RPP
|
|
|
|
|
|
c.
Alat/Bahan (jika ada)
|
|
|
|
|
|
d.
Kualitas gambar/tabel/grafik
|
|
|
|
|
|
e.
Rumusan masalah/Hipotesis/Variabel/Definisi operasional Variabel/Tabel
Data/Analisis/Kesimpulan/Penerapan (jika ada)
|
|
|
|
|
|
f.
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
|
g.
Kunci LKS
|
|
|
|
|
|
h.
Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)
|
|
|
|
|
|
i.
Kesesuaian bahasa dengan kemampuan siswa yang memakai.
|
|
|
|
|
|
j.
Kesesuaian isi LKS dengan indikator.
|
|
|
|
|
|
k.
LKS tidak boleh langsung dijadikan LP tanpa modifikasi.
|
|
|
|
|
|
l.
LKS Percobaan (Eksperimen) beda dengan LKS Pengamatan.
|
|
|
|
|
V
|
Buku Siswa/Bahan Bacaan
|
|
|||
|
a.
Mencantumkan Tujuan Pembelajaran atau Indikator yang sesuai dengan Indikator
di RPP.
|
|
|
|
|
|
b.
Rangkuman materi
|
|
|
|
|
|
c.
Latihan atau Kegiatan
|
|
|
|
|
|
d.
Kualitas Gambar/Tabel/Grafik
|
|
|
|
|
|
e.
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
|
f.
Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)
|
|
|
|
|
|
g.
Kesesuaian bahasa dengan kemampuan siswa yang memakai.
|
|
|
|
|
|
h.
Kesesuaian isi buku siswa/bahan bacaan dengan indikator.
|
|
|
|
|
VI
|
Tabel Spesifikasi LP
|
|
|||
|
a.
Matrik tabel spesifikasi memiliki tiga kolom: Indikator atau Tujuan
Pembelajaran, Nama LP dan Butir Soal, Kunci LP dan Butir Soal.
|
|
|
|
|
|
b.
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
|
c.
Seluruh LP dan Butir Soal tercantum di Tabel Spesifikasi.
|
|
|
|
|
VII.
|
Lembar Penilaian (LP) dan Kunci LP
|
|
|||
|
Validitas isi butir (Kesesuaian
isi setiap butir dengan indikator terkait) setiap butir yang ada di lembar
penilaian.
|
||||
|
a.
LP Kognitif
|
|
|
|
|
|
b.
LP Produk
|
|
|
|
|
|
c.
LP Proses
|
|
|
|
|
|
d.
LP Psikomotor
|
|
|
|
|
|
e.
LP Afektif
|
|
|
|
|
|
f.
LP Keterampilan sosial
|
|
|
|
|
|
g.
LP Perilaku berkarakter
|
|
|
|
|
|
h.
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
|
i.
Kebenaran isi (fakta, konsep, teori)
|
|
|
|
|
|
j.
Kualitas gambar/grafik/tabel
|
|
|
|
|
|
k.
Kejelasan bahasa
|
|
|
|
|
|
l.
Kesesuaian setiap butir LP dengan indikator terkait (Tidak ada indikator
yang tidak ada butir penilaiannya).
|
|
|
|
|
|
m.
Pada LP Kinerja (Proses/Psikomotor) harus dikengkapi petunjuk untuk
guru/siswa.
|
|
|
|
|
VIII
|
Media
|
|
|||
|
a.
Media menunjang ketercapaian indikator.
|
|
|
|
|
|
b.
Media diskenariokan di RPP.
|
|
|
|
|
|
c.
Dilengkapi media berbasis ICT/Internet (Khusus untuk RPP berbasis
ICT/Internet).
|
|
|
|
|
|
d.
Daftar Pustaka
|
|
|
|
|
IX
|
Keterkaitan antar Komponen
|
|
|||
|
a.
Seluruh komponen RPP terkait secara solid, artinya ada keterkaitan antara
SK, KD, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Skenario RPP, Buku Siswa/Bahan
Bacaan, LKS, Kunci LKS, Media, Tabel Spesifikasi LP atau Kisi-kisi LP, LP,
Kunci LP.
|
|
|
|
|
|
b.
Bila indikator atau di skenario RPP menyebut pengamatan atau percobaan, maka di buku siswa, LKS,
atau media harus ada materi tentang pengamatan atau percobaan tersebut.
|
|
|
|
|
*
Surabaya,
…………………… 2011
Penelaah
( )
Catatan lain:
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________
__________________________________________________________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar