Rabu, 02 Januari 2013

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER 1


Konsep Pendidikan Karakter

Oleh: Prof. Dr. Mohamad Nur

1.       Konsep pendidikan karakter sulit didefinisikan hanya dengan menggunakan satu dua kalimat. Konsep pendidikan karakter itu akan menjadi lebih jelas bila dideskribsikan dengan cara menyajikan dokumen-dokumen yang terkait dengan pendidikan karakter.
2.       Tiga dokumen, yaitu Aspen Declaration, The Six Pillars of Character, dan The 49 character qualities dari Character First Education diharapkan cukup dapat  memperjelas apa yang dimaksud dengan konsep pendidikan karakter tersebut secara komprehensif.
3.       Berdasarkan referensi yang berhasil ditemukan (http://charactercounts.org/overview/aspen.html), pendidikan karakter di Amerika mulai muncul pada awal decade 1990-an.
4.       Buku berjudul Educating for Character yang ditulis pada tahun 1991 oleh Thomas Lickona mengintroduksikan ide bahwa ada sejumlah keyakinan dan nilai bersama yang disepakati oleh semua orang.
5.       Satu tahun kemudian, satu grup pendidik, pakar etika, dan akademisi bertemu di Aspen, Colorado yang menghasilkan Aspen Declaration. Deklarasi itu berbunyi seperti berikut ini.
a.       The next generation will be the stewards of our communities, nation and planet in extraordinarily critical times.
b.      In such times, the well-being of our society requires an involved, caring citizenry (kepedulian seluruh warga) with good moral character.
c.       People do not automatically develop good moral character; therefore, conscientious efforts must be made to help young people develop the values and abilities necessary for moral decision making and conduct (tingkah laku).
d.      Effective character education is based on core ethical values rooted in democratic society, in particular, respect (rasa hormat), responsibility (tanggung jawab), trustworthiness (dapat dipercaya), justice (keadilan) and fairness (kejujuran), caring (peduli), and civic virtue (kebajikan, kebaikan, keunggulan warganegara) and citizenship (kewarganegaraan).
e.      These core ethical values transcend cultural, religious and socioeconomic differences.
f.        Character education is, first and foremost, an obligation of families and faith communities, but schools and youth-service organizations also have a responsibility to help develop the character of young people.
g.       These responsibilities are best achieved when these groups work in concert.
h.      The character and conduct of our youth reflect the character and conduct of society; therefore, every adult has the responsibility to teach and model the core ethical values and every social institution has the responsibility to promote the development of good character.

6.       Josephson Institut mengembangkan pendekatan pendidikan karakter  yang disebut  The CHARACTER COUNTS!: The Six Pillar of Character (http://charactercounts.org/sixpillars.html). Pendekatan pendidikan karakter ini tidak menyisihkan seorang pun. Oleh karena itu,  pendekatan ini mendasarkan program dan bahan ajarnya pada enam nilai etika yang dapat diterima siapa pun juga, yaitu nilai-nilai yang tidak berbasis pada politik, agama, atau budaya. Keenam pilar itu adalah seperti berikut ini.
a.       Trustworthiness (Dapat Dipercaya): Be honest (jujur) ∙ Don’t deceive (Tidak berbohong), cheat (menipu, bermain curang, menyontek) or steal (mencuri)  ∙ Be reliable (dapat dipercaya) do what you say you’ll do  ∙ Have the courage (keberanian) to do the right thing  ∙ Build a good reputation  ∙ Be loyal stand by (membela, mendukung) your family, friends and country
b.      Respect (Rasa hormat) : Treat (memperlakukan) others with respect (rasa hormat); follow the Golden Rule*  ∙ Be tolerant of differences (Toleransi terhadap perbedaan) ∙ Use good manners (kelakuan, tatakrama), nor bad language (bahasa yang santun)  ∙ Be considerate (tenggang rasa) of the feelings of others   ∙ Don’t threaten (mengancam), hit (memukul) or hurt (menyakiti) anyone    Deal peacefully with anger, insults and disagreements (Menangai amarah, hinaan, perbedaan pendapat dengan penuh kedamaian).
c.       Responsibility (Tanggung jawab): Do what you are supposed to do (Melakukan apa yang seharusnya dilakukan)    Persevere (gigih): keep on trying! (terus mencoba) ∙  Always do your best (Selalu melakukan yang terbaik) ∙  Use self-control (Menerapkan kendali-diri)  ∙ Be self-disciplined (Disiplin-diri) ∙  Think before you act consider the consequences (Berfikir sebelum bertindak mempertimbangkan konsekwensi-konsekwensi) ∙ Be accountable for your choices (Bertanggung jawab atas pilihan Anda sendiri).
d.      Fairness (Kejujuran): Play by the rules (Bermain sesuai aturan) ∙  Take turns and share (Bergiliran dan berbagi)    Be open-minded; listen to others (Terbuka dan mendengarkan orang lain)    Don’t take advantage of others (Tidak mengambil keuntungan dari orang lain) ∙ Don’t blame others carelessly (Jangan mencela orang lain dengan kasar)
e.      Caring (Peduli): Be kind (Baik hati) ∙  Be compassionate (merasa iba, simpati) and show you care (kepedulian)    Express gratitude (Menyatakan perasaan berterima kasih)    Forgive others (Memaafkan orang lain) ∙ Help people in need (Menolong orang yang membutuhkan bantuan)
f.        Citizenship (Kewarganegaraan): Do your share to make your school and community better (Tunjukkan kebersamaan untuk membuat sekolah dan masyarakat Anda lebih baik)    Cooperate (Bekerjasama)    Get involved in community affairs (Terlibat dalam kegiatan masyarakat)  ∙ Stay informed ; vote    Be a good neighbor (Menjadi tetangga yang baik) ∙ Obey laws and rules (Mematuhi hukum dan  aturan) ∙  Respect authority (Menaruh hormat kepada yang berwewenang) ∙  Protect the environment (Melindungi lingkungan)
*The Golden Rule is an ethical code that states one has a right to just treatment, and a responsibility to ensure justice for others. It is also called the ethic of reciprocity. It is arguably the most essential basis for the modern concept of human rights, though it has its critics.[2] A key element of the golden rule is that a person attempting to live by this rule treats all people, not just members of his or her in-group, with consideration.
7.    Bila Josephson Institut mengembangkan The Six Pillar of Character, Character First Education sebuah lembaga di Amerika yang bergerak dalam bidang penelitian, pengembangan, dan pendidikan dan pelatihan karakter mengembangkan 49 Character Qualities (http://www.characterfirst.com/aboutus/qualities/). Ke 49 kualitas karakter itu adalah:
Alertness                             Diligence                              Humility                               Security
(Kesiapsiagaan)                               (Kerajinan,ketekunan)  (Kerendahan hati)           (Keselamatan)
Attentiveness                   Discernment                      Initiative                              Self-Control
(Penuh perhatian)           (Kecerdikan, kearifan)   (Inisiatif)                              (Kendali-diri)
Availability                          Discretion                            Joyfulness                           Sensitivity
(Siap membantu)            (Kebijaksanaan)                              (Keadaan gembira)        (Kepekaan)
Benevolence                     Endurance                          Justice                                  Sincerity
(Kedermawanan)            (Ketabahan)                      (Keadilan)                           (Ketulusan     
hati/keikhlasan)
Boldness                              Enthusiasm                         Loyalty                                  Thoroughness
(Berani, tegas)                  (Semangat)                        (Kesetiaan)                         (Kesempurnaan,
                                                                                                                                                Ketelitian,
 Keseksamaan)
Cautiousness                     Faith                                      Meekness                           Thrifness
(Waspada, Berhati-hati) (Kepercayaan,                (Kelembutan,                    (Hemat)                                                                                      
                                                Kesetiaan, Keikhlasan)     Kesabaran)
Compassion                       Flexibility                             Obedience                          Tolerance
(Rasa iba, simpatik)        (Keluwesan)                       (Kepatuhan, Ketaatan) (Tenggang rasa)
Contentment                    Forgiveness                        Orderliness                         Truthfulness
(Menyenangkan)            (Pemaaf)                             (Kerapian, ketertiban)   (Dapat dipercaya)
Creativity                             Generosity                         Patience                              Virtue
(Kreativitas)                       (Kemurahan hati)            (Kesabaran)                       (Kebajikan, Kemurnian,
                                                                                                                                                Keunggulan)
Decisiveness                      Gentleness                         Persuasiveness                 Wisdom
(Ketegasan)                       (Kelemahlembutan)       (Mempengaruhi,             (Kebijaksanaan)                                                                                                                              Membujuk)
Deference                          Gratefulness                      Punctuality
(Hormat)                             (Bersyukur)                        (Ketepatan waktu)        
Dependability                    Honor                                   Resourcefulness
(Dapat dipercaya/           (Reputasi, nama baik)   (Kecerdikan)
Dapat diandalkan)
Determination                  Hospitality                           Responsibility
( Kebulatan tekad)          (Keramahtamahan)       (Tanggungjawab)
7.       Ary Ginanjar Agustian dalam bukunya bangkit dengan 7 budi utama (2009) mendeklarasikan 7 Budi Utama, yaitu Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli. Berikut ini adalah ide-ide penting tentang tujuh budi utama yang dikutip dari buku tersebut.
a.       Jujur merupakan jalan mencapai kedudukan orang-orang mulia. Jujur membawa kepada kebaikan. Kejujuran yang dipegang kuat dan teguh akan mendatangkan karunia Allah.
b.      Ketika seseorang menjalankan tanggung jawab sesungguhnya itu bukanlah untuk orang lain. Ketika seseorang menjalankan tanggungjawabnya dengan baik maka buah kesuksesan akan didapatkan.
c.       Hampir semua kesuksesan bermula dari visi. Visi merupakan tujuan besar yang ingin dicapai. Visi akan memberikan gambaran situasi dan kondisi yang akan dituju sekaligus menuntun langkah dan memberi arahan untuk mencapainya. Allah memberikan kemampuan pada manusia untuk mampu melihat jauh ke depan. Hal inilah yang akan menuntun manusia untuk sukses di dunia dan akhirat.
d.      Jika disiplin dilaksanakan dengan keikhlasan, maka disiplin akan menjadi sesuatu yang menyenangkan karena merupakan jalan untuk mencapai tujuan. Disiplin yang merupakan kunci sukses dalam banyak hal, sesungguhnya merupakan percikan sifat Allah. Ketika seseorang memegang janji dengan kokoh sesungguhnya sedang mendekati sifat Allah.
e.      Adil adalah bersumber dari sifat Allah. Karena itulah adil akan senantiasa dicari manusia sampai kapan pun dan di mana pun. Karena adil adalah suara hati manusia yang telah ada bahkan sebelum manusia dilahirkan ke  muka bumi.
f.        Kepedulian adalah salah satu bentuk hukum kekekalan energi. Sebagaimana kita ketahui bahwa energi yang diberikn tidak akan hilang, ia hanya berubah bentuk. Karena itu, energi kepedulian yang dikeluarkan seseorang akan kembali lagi pada pemberinya.

Surabaya, 20 Mei 2010




Daftar Pustaka
Agustian, Ary Ginanjar. 2009. bangkit dengan 7 budi utama. Jakarta: PT ARGHA Publishing.
http://charactercounts.org/overview/aspen.html didownload bulan Januari 2010.
http://charactercounts.org/sixpillars.html didownload bulan Januari 2010.
http://www.characterfirst.com/aboutus/qualities/ didownload bulan Januari  2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar